Kamis 25 Jun 2015 07:40 WIB

11 Rahasia Sukses Novel “Ayat-Ayat Cinta”, Puncak Pencapaian

Habiburrahman El Shirazy
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Habiburrahman El Shirazy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setidaknya ada 11 rahasia yang membuat novel “Ayat-Ayat Cinta”  (AAC) karya Habiburrahman El-Shirazy lebih 10 tahun bertengger sebagai salah satu novel Indonesia terlaris.

Kunci sukses pertama novel AAC adalah orisinalitas. Kedua, detil yang menggoda. Ketiga, konflik yang kuat. Keempat, unsur jenaka yang menghibur.  Kelima, penuh kejutan. Keenam, penyelesaian yang melegakan. Ketujuh, sarat pesan mencerahkan. Kedelapan, menembus batas. Kesembilan, menjadi pioneer.

Kunci sukses kesepuluh novel AAC  adalah puncak pencapaian. Salah satu pelajaran yang bisa kita ambil dari Habiburrahman El-Shirazy dan novel AAC-nya adalah menciptakan puncak pencapaian prestasi. Bertahun-tahun sebelum nama Habiburrahman dikenal orang (tahun 90-an hingga awal 2000-an), jagat fiksi Islami dihiasi oleh  karya-karya Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, Pipiet Senja, Gola Gong  dan lain-lain.

Habiburrahman, yang ketika itu masih kuliah di Al-Azhar University, Kairo,  Mesir, adalah pengagum dan 'murid' para penulis fiksi Islami terkemuka itu. Namun, kesungguhan dan kegigihannya membuat Habiburrahman mampu menciptakan puncak prestasi tersendiri, yang bahkan melewati karya para seniornya (khususnya dari segi oplah).

 

Tak hanya Habiburrahman, Anda pun pasti bisa menciptakan tonggak prestasi tersendiri, kalau Anda mau! Andrea Hirata, dengan trilogi Laskar Pelangi-nya merupakan contoh penulis yang mampu menciptakan tonggak prestasinya sendiri, karena ia mau sungguh-sungguh berkarya, dan karyanya tidak mengekor karya-karya orang lain.

JK Rowling, dengan serial Harry Potter-nya adalah penulis yang juga sukses, dan termasuk yang paling sukses, menciptakan tonggak prestasi dengan karyanya yang mengupas dunia sihir, dan digemari oleh semua kalangan.

John Grisham sukses sebagai penulis novel-novel berlatar belakang hukum.  Frederick Forsyth selama puluhan tahun dikenal sebagai master dalam penulisan novel-novel spionase, terutama saat Perang Dingin masih berkecamuk. Misalnya, Fourth Protocol, The Negosiator  dan Icon.

 

Shidney Sheldon merupakan raja penulis novel-novel drama percintaan. Jack Higgins digelari master novel-novel thriller, terutama yang berlatar belakang perang dunia kedua dan tentara bayaran. Misalnya Day of Judgement, Night of The Fox, Storm Warning, The Wrath of God, The Eagle Has Flown dan The Eagle Has Landed.

Sekarang giliran Anda membangun puncak prestasi itu!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement