Rabu 24 Jun 2015 17:17 WIB
Ramadhan 2015

Libur Lebaran, Owabong Tawarkan Mini Jacuzzi

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Indah Wulandari
Owabong Waterpark, Purbalingga, Jawa Tengah
Foto: owabong
Owabong Waterpark, Purbalingga, Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Obyek wisata andalan Pemkab Purbalingga, Owabong Water Park menargetkan bisa didatangi 883.427 pengunjung, terutama di masa libur sekolah dan Lebaran. Caranya dengan menambah sejumlah wahana baru.

''Selama bulan Juli mendatang, kita berharap bisa didatangi 100.950 pengunjung,'' kata Direktur PD (Perusahaan Daerah) Owabong Wisnu Haryo Danardono, Rabu (24/6).

Dia berharap target tersebut bisa dicapai, mengingat sepanjang hampir satu semester tahun 2015, Obyek Wisata Owabong sudah dikunjungi lebih dari 350 ribu pengunjung. Mengenai jumlah kunjungan wisata per bulan, Wisnu mengaku, pada awal-awal tahun memang jumlah kunjungan memang sempat merosot.

Pada Januari 2015, jumlah wisatawan yang datang hanya 62.438 pengunjung, Februari hanya 52.911 pengunjungm, Maret sebanyak 59.117 pengunjung dan April sebanyak 55.848 pengunjung. Namun pada bulan Mei, angka kunjungan mengalami lonjakan menjadi 97.154 pengunjung.

 

''Pada bulan Juni ini kami targetkan 68.744 pengunjung dan optimis dapat tercapai, karena bersamaan dengan liburan anak sekolah. Dari target tersebut, sebagian besar merupakan pengunjung rombongan,''  jelas Wisnu.

Khusus untuk lebaran, dia meyakini jumlah wisatawan yang berkunjung akan melonjak sebagaimana tahun-tahun lalu.  Apalagi, di obyek wisata Owabong sudah dilakukan penambahan berbagai wahana seperti wahana kolam renang air panas khusus wanita.

Kolam ini dibikin semi indoor sehingga pengunjung tetap nyaman karena tidak terkena sengatan sinar matahari langsung.

''Pengunjung wanita semakin kami manjakan dengan mini jacuzzi, semacam mandi spa,'' ujar Wisnu.

Selain Owabong, manajemen PD Owabong yang juga mengelola Sanggaluri Park, pada ahun 2015 mentargetkan kedatangan wisatawan sebanyak 240.570 pengunjung.

Dari target tersebut, hingga akhir Mei 2015 sudah terealisasi 115.766 pengunjung. Sementara target kunjungan terbesar dalam satu tahun yakni pada bulan Mei yakni 35.124 pengunjung, dan dapat terealisasi melampaui target yakni 44.012 pengunjung.

''Kami juga sangat optimistis, target kunjungan di Sanggaluri Park juga akan tercapai. Apalagi kami juga sudah melakukan penambahan wahana baru berupa wahana kluster optik dari Pusat Peragaan Iptek Kemenristek Dikti,'' jelasnya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora (Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga) Kabupaten Purbalingga Prayitno menilai, persaingan antarobyek wisata waterpark memang semakin sengit.

Dia mencatat, sedikitnya ada 26 waterpark di Jateng dan Jabar sisi Timur yang bersaing dengan Owabong.

''Namun, obyek wisata Owabong yang memiliki sumber air sangat segar dan berbagai pengembangan wahana yang sudah dilakukan, ternyata tetap mampu menarik minat pengunjung,'' jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement