Kamis 18 Jun 2015 12:16 WIB

Ingin Berbisnis Kue di Ramadhan Ini? Berikut Tipsnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Bisnis kue
Foto: Republika/Prayogi
Bisnis kue

REPUBLIKA.CO.ID, Ramadhan banyak dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Tak sedikit orang yang mulai melakukan bisnis musiman, kue kering menjadi salah satunya.

Agar bisnis musiman ini bisa sukses, pengusaha kue dan roti dari Ummy Bakery, Helen Chu, membagi tips bagi pembaca Republika Online.

Menurutnya, bisnis kue kering ini bersifat musiman, artinya tidak setiap saat orang menjual kue kering. Maka, agar barang dagangan ini laku dan laris di pasar mengingat banyak saingannya, sebaiknya Anda membuat kue kering yang spesial. Baik dari segi rasa dan tampilannya.

Selain itu, untuk membuat pelanggan percaya akan rasa dan mau membeli kue buatan Anda, sebaiknya sediakan tester yang jumlahnya cukup banyak. Ini merupakan salah satu pelayanan untuk pembeli. “Dua bulan sebelum Ramadhan sudah buat tester, lalu lakukan promo,” saran Helen.

Sementara produksi untuk pesanan bisa dilakukan satu bulan sebelum Ramadhan.  Karena biasanya ada yang mengambil kue di minggu pertama Ramadhan. "Itu biasa kalau mereka mau bawa oleh-oleh untuk mudik," ujarnya.

Lalu bagaimana dengan harga kue? Apakah harus bersaing dengan kompetitor lain? Untuk harga ia menyarankan untuk tidak ikut-ikutan. Katanya, harga harus tetap terjangkau tapi dengan berhitung untung dan ruginya. Terutama mengingat harga bahan baku pembuatan kue kering kini tidak murah.

Helen yakin jika banyak orang bisa menikmati kue kering buatan Anda, kalau konsepnya seperti itu. Ia jamin pasti bisa mendapat pesanan ribuan toples. Sama halnya seperti pengalaman bisnis kue miliknya. ‪”Intinya mengutamakan pelanggan, rezeki mengikuti,” ujarnya yakin.

Satu lagi tips dari Helen, yakni memiliki jasa antar misalnya kurir motor untuk mengantar pesanan. Jasa ini kini banyak penggemarnya terutama karena kondisi lalu lintas yang padat dan kesibukan pembeli kue.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement