Senin 15 Jun 2015 20:23 WIB

Dipugar, Museum Bank Mandiri akan Dilengkapi Kafe

Rep: c92/ Red: Hazliansyah
Museum Bank Mandiri
Foto: Republika/Edi Yusuf
Museum Bank Mandiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri berencana memugar bangunan Museum Bank Mandiri yang berlokasi di Kompleks Kota Tua, Jakarta Barat. 

Senior Vice President (SVP) Corporate Secretary Group Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan pemugaran ditargetkan akan dimulai akhir tahun ini. 

"Estimasi biaya sedang dibuat, dan kita sedang mencari kontraktornya," kata Rohan kepada wartawan. 

Menurut Rohan, museum ini nantinya akan lebih banyak mewadahi kegiatan para seniman, termasuk untuk menyelenggarakan pameran dan berbagai agenda lain. Tempat ini juga akan dilengkapi dengan kafe. 

Rohan memastikan pemugaran yang dilakukan tidak akan mengurangi unsur edukasi perbankan yang kental di Museum Bank Mandiri. Pemugaran lebih bersifat fisik, seperti perbaikan dalam pencahayaan dan rekondisi gedung dari pelapukan. 

Hal tersulit dalam proyek ini adalah menentukan arsitektur asli bangunan tersebut. Rohan mengaku masih kesulitan menemukan referensi untuk mendapatkan bentuk aslinya. Oleh karena itu, Bank Mandiri akan menggandeng sejarawan dan para seniman dalam proyek ini. 

"Sentuhan hati akan lebih penting dari sentuhan teknis," kata dia. 

Bank Mandiri juga akan mengupayakan berbagai keringanan dalam proses pemugaran, serta bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan acara berikutnya.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement