Senin 08 Jun 2015 12:08 WIB

Ini Tips IKEA untuk Menata Dapur Kecil

Meski kecil dapur tetap bisa ditata agar menarik dan ergonomis.
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Meski kecil dapur tetap bisa ditata agar menarik dan ergonomis.

REPUBLIKA.CO.ID, Merancang dapur tidak sebatas perlu memperhatikan fungsinya, sebagai tempat meracik makanan bagi keluarga. Segala jenis kegiatan perlu diperhatikan juga agar dapur benar-benar berlaku sesuai fungsinya.

Marketing Manager IKEA Indonesia, Eliza Fazia, mengatakan dapur yang baik bisa memberikan solusi terhadap penataan dapur. Misalnya, memiliki tempat menyimpan dan bisa mencari peralatan dengan mudah.

Dalam merancang dapur secara keseluruhan, ada tiga zona yang perlu jadi perhatian. Yaitu, tempat penyimpanan (kulkas dan lemari), tempat mencuci, dan tempat memasak yang terdiri dari kompor, oven, atau microwave. Perencanaan dapur yang baik di tiga zona itu akan menghasilkan ruang kerja yang ergonomis, berada dalam jangkauan gerak tubuh.

Jika dapur di rumah tidak terlalu luas, Eliza menyarankan menggunakan troli berbahan Stainless Steel dengan sistem roda berkunci. Troli dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan atau tempat persiapan memasak.

"Hemat ruang dengan meletakkan tutup panci di pintu lemari, gantung panci atau sendok masak pada pengait berbentuk S pada rel baja yang terpasang di dinding," katanya.

Bila gemar membuat kue, Eliza merekomendasikan penempatan bumbu kue di satu lokasi. Gunakan wadah yang praktis, namun mudah dibedakan untuk setiap bahan membuat kue. Misalnya untuk terigu, gula, baking soda, vanila, dan sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement