Ahad 07 Jun 2015 13:04 WIB

Pria Ini Main Gitar Sambil Dioperasi

Proses operasi Anthony Kulkamps Dias.
Foto: Sciencealert
Proses operasi Anthony Kulkamps Dias.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anthony Kulkamps Dias, seorang pria berusia 33 tahun di Brazil baru-baru ini menjalani operasi untuk mengangkat tumor. Barangkali, operasi pengangkatan tumor sudah biasa. Namun, pria ini menjalani operasi sambil memainkan lagu Yesterday milik The Beatles dengan sebuah gitar.

Ini adalah pertama kalinya di Brazil seorang pasien menjalani operasi sambil memainkan gitar. Operasi yang 'mengagumkan' ini terjadi di salah satu rumah sakit di Rumah Sakit Nossa Senhora da Cobceicao yang berlokasi di Santa Catarina. Laman Sciencealert melaporkan aksi Dias ini sebenarnya merupakan bagian yang cukup penting dari rangkaian operasi selama sembilan jam ini.

Mampu mendengarkan Dias memainkan gitarnya dengan baik rupanya membantu para dokter dalam memantau otak pasien bedahnya ini. Para dokter bisa memastikan bahwa pekerjaan 'bedah otak' ini tidak merusak bagian otak yang menjalankan fungsi sensorik maupun motorik.

Dias merupakan seorang pekerja bank. Dia mulai menyadari ada yang tidak beres dengan otaknya ketika ia mulai merasakan gagap dan kesulitan ketika berbicara.  Meskipun Dias terjaga selama proses operasi, pengangkatan berjalan dengan lancar. Bius lokal tidak membuat Dias merasakan sakit. Sebanyak 90 persen tumor dari otak Dias juga dilaporkan berhasil diambil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement