Jumat 05 Jun 2015 09:01 WIB

Hati-Hati! Banyak Bakteri di dalam Pesawat Terbang!

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Wisatawan di dalam pesawat terbang
Foto: Foxnews
Wisatawan di dalam pesawat terbang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesawat dapat menjadi tempat penyumbang bakteri yang sangat banyak hingga dapat memengaruhi kesehatan Anda. Penyebabnya hal-hal yang begitu buruk dan menjijikkan sering terjadi di pesawat.

"Pembersih tidak memiliki waktu untuk benar-benar membersihkan pesawat antar perjalanan, karena mereka terus-menerus di bawah tekanan untuk memberikan pelayanan begitu cepat," jelas awak kabin yang diwawancari oleh AquaintSanitizer sebagai proyek penelitian, dilansir dari Foxnews, Jumat (5/6).

Ia menjelaskan bahwa sebagai awak pesawat, dirinya pernah melihat penumpang membuang popok bayinya di meja nampan, memotong kuku mereka, bahkan buang air kecil di kursi. Tapi menurutnya tempat terburuk di pesawat merupakan karpet yang kotor dan lantai toilet.

Untuk mencegah terjadinya penularan bakteri yang menempel pada bagian-bagian pesawat, ia selalu menyarankan bagi para penumpang untuk membersihkan meja nampan, dan permukaan lain sebelum lepas landas. Selain itu menggunakan semprotan pembersih setelah penumpang menggunakan toilet, dan juga selalu menggunakan alas kaki jika berada di sekitar kabin.

Tips lain yang bisa diterapkan agar penumpang tidak terkena paparan bakteri selama di pesawat adalah membawa sendiri bantal atau selimut selama penerbangan. karena tanpa dipungkiri selimut dan bantal di pesawat tidak selalu diganti setiap penerbangan dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement