Kamis 04 Jun 2015 09:20 WIB

Tiga Hasil Bumi yang Baik untuk Kulit dan Rambut

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Buah jojoba
Foto: flickr
Buah jojoba

REPUBLIKA.CO.ID, Selain witch hazel dan teh hijau, tanaman apa lagi yang baik untuk menunjang kesehatan kulit dan rambut Anda? Menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan alami lebih baik ketimbang yang sepenuhnya berisi bahan kimia. Selain bisa meminimalisir penggunaan kimia, Anda juga terhindar dari dampak negatifnya.

Jojoba

Jojoba yang dibaca "ho-ho-ba" merupakan cairan lilin berwarna emas yang diekstrak dari biji dari tanaman jojoba. Minyak jojoba ini juga dikenal sebagai salah satu minyak favorit para pecinta minyak esensial. Minyak jojoba tidak menyumbat pori-pori dan ini sangat cocok dengan minyak alami (sebum) di kulit manusia. Minyak ini cocok untuk setiap jenis kulit. Minyak jojoba dapat digunakan untuk perawatan kutikula, serum anti-aging, pelembab wajah, perawatan rambut, menghapus make up, lotion tubuh, serum rambut dan mencukur rambut.

Minyak ikan

Dikutip dari Allwomenstalk, Kamis (4/6), diet memainkan peran penting dalam kondisi kulit, tidak hanya memerangi keriput tapi juga mampu mengatasi jerawat, eksim dan psorias. Temukan asam lemak omega-3 baru Anda didalam makanan laut terutama tuna dan salmon. Bisa juga temukan dalam kacang kenari, minyak canola dan biji rami. Makanan ini kaya dalam asam lemak yang bertanggung jawab untuk kesehatan dari membran selnya. Membran mempengaruhi kemampuan sel untuk menahan air, melembabkan, melembutkan dan mengatasi keriput.

Minyak ikan juga memberikan makanan penting untuk folikel rambut yang mampu meningkatkan kualitas dan kepadatan rambut. Juga mampu mengurangi kerontokan rambut. Bahkan minyak ikan juga mampu mengembalikan keseimbangan siklus rambut secara keseluruhan.

Madu

Dibuat dengan cara kimiawi, lebah mengumpulkan madu, serbuk sari dan resin dari bunga. Madu dapat membantu melembabkan, mengurangi penuaan, dan melawan bakteri. Madu ini penuh dengan nutrisi, antioksidan, senyawa dan bermanfaat untuk penyembuhan.

Jika Anda alergi, gunakan madu organik dari lebah lokal yang ada di lingkungan Anda atau di pasar petani lokal, juga toko makanan organik. Madu ini berisi sedikit serbuk sari yang bila terkena tubuh dapat memicu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan antibodi terhadap serbuk sari. Setelah paparan berulang tubuh menjadi terbiasa dengan kehadiran mereka. Ini bisa mengurangi histamin yang dilepaskan yang mengakibatkan respon alergi yang lebih rendah dan Anda akan lebih bahagia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement