Kamis 04 Jun 2015 09:00 WIB

Tanaman Penyihir yang Bermanfaat untuk Kulit

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Tanaman witch hazel
Foto: wikipedia
Tanaman witch hazel

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Siapa yang tak mau memiliki kulit dan rambut yang halus dan cantik. Beragam perawatan pun dilakukan guna mendapatkannya. Salah satu cara alami yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan hasil bumi.

 

Witch hazel

Witch Hazel, mungkin Anda tidak mengetahui apa itu witch hazel. Witch Hazel merupakan herbal yang sangat populer dan diakui dunia sebagai bahan natural untuk cleanser dan toner. Tapi sebenarnya disamping dua manfaat tersebut witch hazel memiliki banyak kegunaan lain, yaitu membersihkan kulit dan meminimalisir pori-pori.

Dikutip dari Allwomenstalk, Kamis (4/6), witch hazel merupakan sebuah zat alami dengan konsentrasi tannis tinggi. Zat ini memiliki kemampuan untuk menghapus minyak dari kulit, mengurangi iritasi dan jerawat serta kondisi kulit peradangan lain.

Tanaman ini juga mampu mengencangkan kulit, mengurangi peradangan, bahkan sebagai pengobatan alami yang ideal untuk mengobati kantung hitam dan pembengkakan disekitar mata. Gunakan witch hazel dengan menggunakan bola atau kapas kosmetik yang lembut. Seka wajah dengan cara lembut  setelah mandi ketika pori-pori masih terbuka.

Teh hijau

Teh hijau telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun. Tanaman yang berasal dari Cina ini banyak digunakan di seluruh Asia. Tanaman ini memiliki banyak kegunaan salah satunya menurunkan tekanan darah untuk mencegah kanker. Bahkan Anda tidak harus minum ini untuk mendapatkan beberapa manfaatnya.

Teh hijau kaya akan antioksidan dan sifat anti-inflamasi. Penelitian dilakukan baik pada hewan dan manusia, teh hijau yang diterapkan pada permukaan tubuh, ternyata mampu mengurangi kerusakan dari sinar matahari, keriput dan tanda-tanda penuaan.

Jika Anda berurusan dengan kemerahan dan iritasi yang timbul dari diri sendiri seperti eksim atau psoriasis. Anda mungkin menemukan beberapa relief dengan menggunakan teh hijau secara topikal. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu memperlambat produksi sel kulit yang berlebihan yang menjadi penyebab masalah kulit seperti psoriasis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement