Ahad 31 May 2015 17:05 WIB
Perayaan Waisak 2015

Mengintip Ritual Jelang Waisak 2015 di Cina

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Ritual waisak di Cina
Foto: Chinadaily
Ritual waisak di Cina

REPUBLIKA.CO.ID, ZHEJIANG  -- Peringatan hari Waisak tinggal beberapa hari lagi. Setiap negara memiliki kebiasaan dan ritual masing-masing, termasuk biksu-biksu di Cina yang melakukan ritual sebelum Waisak.

Sebanyak 630 biksu di Hangzo, Provinsi Zhejiang, pekan lalu berbaris mengumpulkan dana dari masyarakat. Dana tersebut dikumpulkan untuk disumbangkan pada hari Waisak. Para bisku berjalan berurutan sepanjang jalan menerima amal yang diberikan masyarkat, dilansir dari Chinadaily, Ahad (31/5).

Pengumpulan dana ini sudah dilakukan selama tujuh tahun oleh para biksu. Mereka berjalan dengan menggunakan topi bambu, jubah, serta sandal yang sama, tidak lupa para biksu membawa sebuah mangkuk sebagai wadah untuk menerima sumbangan dari warga maupun wisatawan setempat yang berada di lokasi.

Jarak yang ditempuh oleh para biksu sepanjang Hanghzou dimulai dari Faxijang Temple menuju Lingyin Temple. Acara ini mengumpulkan dana sebesar 468.000 yuan, dan akan disumbangkan semuanya ke Yayasan Amal Zhejiang.

Hari Waisak merupakan peringatan kelahiran, pencerahan, serta kematian Buddha Gautama. Acara ini dilakukan selama Vaisakha setiap tahunnya pada bulan keempat kalender Buddha dan Hindu. Di Cina sendiri, Hari Waisak jatuh pada hari kedelapan bulan keempat kalender Lunar. Sedangkan di Indonesia tahun ini, Hari Raya Waisak diperingati tanggal 2 Juni 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement