Jumat 29 May 2015 09:06 WIB

Tips Vegetarian yang Irit

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Pola makan vegetarian membantu menurunkan tekanan darah.
Foto: Prayogi/Republika
Pola makan vegetarian membantu menurunkan tekanan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa bilang menjadi vegetarian itu murah? Banyak kasus yang justru membuat gaya hidup vegetarian lebih mahal dibanding menjadi pemakan segala. Para vegan harus membeli berbagai sayuran organik yang harganya lebih berat di kantong.

Nah, Ellen Jaffe Jones, penulis buku 'Eat Vegan on $ 4 a Day' memberikan Anda tips bagaimana menjadi vegan yang murah, dilansir dari Rodale News, Jumat (29/5).

Kacang-kacangan

Cara terbaik menyimpan uang adalah memasak dengan kacang-kacangan yang jauh lebih  murah ketimbang daging sapi untuk burger. Ada begitu banyak varietas kacang-kacangan yang murah, sehat, juga sangat lezat.

Kebun terdekat

Temukan lokasi pertanian atau kebun organik terdekat. Membeli langsung ke petaninya membuat Anda mendapatkan harga jauh lebih murah, atau bahkan gratis, tergantung seberapa sering Anda membelinya.

Harga

Periksa harga satuan dari produk-produk vegetarian di toko. Harga biasanya dibuat per ons. Anda harus menghitung jumlah belanjaan segar Anda dengan menyesuaikan per porsi makan.

Rak terbawah

Di deretan rak makanan supermarket misalnya, luangkan waktu Anda untuk memeriksa seluruh kotak atau kaleng makanan di sana, khususnya di bagian-bagian tersembunyi. Sebagian besar toko atau supermarket menaruh produk-produk yang kualitasnya sama namun harganya lebih murah di sudut-sudut rak atau di rak paling bawah dekat lantai.

Anda juga bisa melacak harga produk-produk vegetarian yang dijual di beberapa toko berbeda. Biasanya terdapat perbedaan antartoko dan Anda bisa membeli produk sama dengan harga lebih murah.

Otak

Gunakan kepala, bukan perut ketika berbelanja. Anda tentu mengenal istilah 'lapar mata' dimana seseorang membeli banyak bahan makanan ketika lapar. Belilah sesuai dengan porsi normal Anda.

Produk toko

Anda juga bisa membeli produk-produk yang dikeluarkan oleh toko penjual. Misalnya, minyak nabati produksi Alfamart atau Hypermat yang harganya pasti jauh lebih murah ketimbang minyak nabati merek lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement