Rabu 27 May 2015 15:15 WIB

Hoboro, Pulau yang Akan Menghilang 100 Tahun Lagi

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Pulau Hoboro
Foto: Rocketnews24
Pulau Hoboro

REPUBLIKA.CO.ID, HOBORO -- Apakah Anda pernah mendengar tentang Battleship Island sebelumnya? Pulau kecil dari Nagasaki yang terlihat seperti kapal perang dari jauh dan sudah ditinggalkan.

Pulau ini sedang direncanakan menjadi situs warisan dunia UNESCO agar membawa lebih banyak wisatawan untuk membantu pelestariannya.

Tapi sementara Bettleship Island sedang mendapat perhatian lebih dari pusat pemerintahan, pulau-pulau lain di sekitar Jepang yang sudah ditinggalkan sedang mengalami kesulitan. Seperti Pulau Hoboro di lepas pantai Hiroshima misalnya. Pulau yang dulu dikenal dengan mutiara dan tiram, tapi sekarang sedang menghabiskan hari-hari terakhirnya karena dimakan oleh hama sehingga perlahan-lahan mulai tenggelam ke laut.

Dilansir dari Rocketnews24, Rabu (27/5), pada tahun 1725, Pulau Hoboro memiliki panjang 364 meter. Tahun 1825, pulau ini menyusut hingga 220 meter, kemudian tahun 1883 pulau Hoboro terpisah menjadi dua pulau kecil, dan sekarang luasnya hanya 90 meter.

Pulau ini begitu cepat menyusut karena polies roly atau hama membuat rumah di dalam batu sehingga membuat lubang kecil dan akhirnya menghayutkan batu-batuan di tepi pantai.

Pulau Hoboro tampaknya memang habitat yang sempurna bagi para hama pemakan pulau, keran sumber utama makan mereka, plankton dan kerang, begitu banyak di pulau tersebut. Diperkirakan ada sekitar 10 juta hama pemakan pulau yang hidup dan menghuni Pulau Hoboro. Dan diperkirakan 100 tahun lagi pulau ini akan menghilang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement