Sabtu 23 May 2015 11:34 WIB

Hindari Makan Sayuran Sebelum Olahraga, Loh kenapa?

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Sayuran Hijau (Ilustrasi)
Foto: Boldsky
Sayuran Hijau (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merupakan ide yang baik jika Anda sebelum latihan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mampu menunjang olahraga menjadi lebih optimal.

Memang setiap makanan pasti memiliki kalori, sayangnya, kalori saja tidak cukup. Ada campuran lain yang tubuh Anda butuhkan, seperti karbohidrat, protein, dan lemak baik yang bisa menjadi bahan bakar tubuh ketika berolahraga.

Makan-makan yang kurang memenuhi kebutuhan Anda selama berolahraga ada baiknya tidak dikonsumsi terlebih dahulu. Hal itu menghindarkan Anda kehabisan tenaga saat berolahraga.

Dilansir dari Allwomenstalk, Sabtu (23/5), berikut ini daftar makanan yang perlu dihindari saat Anda akan memulai latihan.

Kentang Goreng

Kentang goreng memang memiliki kandungan karbohidrat yang begitu besar untuk memasok energi dalam tubuh, namun kentang menjadi pilihan yang buruk jika dikonsumsi sebelum latihan. Penyebabnya karena kentang goreng penuh dengan minyak yang justru akan menggumpal di perut, sehingga membuat tubuh mencerna sangat lambat. Oleh sebab itu kentang goreng membuat metabolisme terhambat, dan akan membuat Anda lesu ketika latihan. Jika memang Anda ingin mengkonsumsi kentang goreng, tundalah sampai selesai berolahraga.

Salad

Mengapa salad? Sayuran dapat menjadi pilihan yang buruk jika dikonsumsi sebelum latihan. Menurut para ahli, itu karena salad dapat menyebabkan perut kembung dan mengeluarkan gas, yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat berjalan di treadmill atau menari Zumba. Ya, Anda pasti harus makan sayuran, tapi mengkonsumsi salad sebaiknya dilakukan setelah latihan atau sehari sebelumnya.

Soda

Secara umum, Anda sudah seharusnya menghindari soda pada saat kapanpun. Soda merupakan minuman yang penuh gula,  kalori dan karbohidrat olahan yang tidak memiliki apapun hal baik di dalamnya. Meminum soda sebelum latihan hanya akan membuat keadaan Anda sangat buruk, karena karbonasi akan gelembung di dalam perut  Anda, memperlambat dan membuat merasa gelisah karena usus mengandung gas. Mengganti soda dengan meminum air mineral bisa akan jauh lebih baik dan menyehatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement