Sabtu 23 May 2015 08:36 WIB

Tips Menjaga Kondisi Kaki Tetap Fit

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Kaki sehat/ilustrasi
Foto: quickhealth.net
Kaki sehat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Selain alasan estetika, akan bijaksana rasanya jika kaki Anda tetap berada dalam kondisi terbaiknya.

Kaki yang fit harus terhindar dari bebagai masalah iritasi dan problem kesehatan. Berikut enam tips untuk menjaga kondisi kaki Anda tetap fit, dilansir dari Body and Soul, Sabtu (23/5).

Bersihkan kaki kapalan dan bersisik

Kapalan bisa berupa kulit kaki menebal atau retak-retak di tumit kaki. Anda bisa membiasakan diri untuk membersihkannya dengan mengggesek-gesekkan bagian bawah kaki ke lantai kamar mandi yang permukaannya kasar atau menggunakan batu apung. Ini efektif untuk mengurangi kulit bersisik atau kapalan pada kaki.

Bersihkan kuku kaki

Jangan biarkan kuman menumpuk di balik kuku kaki Anda. Bersihkan dengan mengusap bawah ujung kuku dengan pembersih kuku atau orange stick.

Potong kuku kaki

Kuku kaki panjang membawa begitu banyak masalah, maka lebih baik Anda memotongnya. Potong kuku kaki Anda dengan alat pemotong kuku yang tajam. Jangan pula memotong kuku terlalu pendek sebab akan merangsang kuku tumbuh ke dalam kulit dan itu rasanya menyakitkan.

Jangan mengelupas kulit kaki

Kebiasaan mengelupaskan kulit kaki bisa berbahaya dan menyebabkan luka. Ini memberi ruang munculnya kuman pembawa infeksi. Jika banyak bagian kulit kaki Anda terkelupas, pergilah ke salon kuku dan tangani secara profesional.

Lembabkan kaki

Melembabkan kaki akan membantu mencegah kulit kering dan kulit kapalan. Cobalah krim tertentu yang bisa melembabkan kaki, atau bisa juga menggunakan body lotion.

Hindari jamur

Jamur adalah musuh bagi kaki. Persiapkan obat-obatan untuk membunuh jamur pada kaki. Ciri-ciri kaki yang terinfeksi jamur adalah gatal dan berbau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement