Jumat 22 May 2015 13:41 WIB

Mencuci Dagang Sapi yang Hendak Dimasak Itu Berbahaya Lho....

Rep: c27/ Red: Joko Sadewo
Daging Sapi
Foto: Republika/Prayogi
Daging Sapi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jika Anda termasuk dalam keluarga penggila daging sapi, tidak mungkin setiap hari memakan olahan daging di luar rumah. Terkadang Anda pasti memasak sendiri daging di rumah.

Ritual apa saja yang bisanya dipersiapkan sebelum mengolah daging sapi? Mencucinya? Atau  justru langsung memasaknya?

Kebiasaan masyarakat Indonesia saat akan mengolah daging mencucinya terlebih dahulu hingga bersih. Faktanya bukannya daging itu semakin bersih, justru malah berbahaya bagi tubuh. “Kalau kita cuci di situlah kita mengenalkan organisme baru pada daging,” ujar pakar gizi, Emelia Achmadi.

Mencuci daging sapi sebelum memasaknya hanya akan menambah bakteri baru. Kemudian apa yang harus dilakukan agar daging itu bersih dan terhindar dari bakteri?

Anda hanya perlu memasaknya langsung daripada mencucinya. Bakteri akan mati saat proses memasak dilakukan. Karena bakteri yang hidup hanya berada dipermukaan, tidak masuk ke dalam daging.

“Daging sapi itu padat, ketika terkena air justru itu yang menjadikan bakteri masuk ke dalam,” ujar Chef Afit Dwi Putranto saat ditemui pada kesempatan yang sama.

Menurutnya jika ada kotoran yang menempel di daging, baiknya hilangkan kotoran tersebut dengan lap atau iris sedikit bagian tersebut.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement