Ahad 17 May 2015 08:11 WIB

Libur Panjang, Wisatawan Padati Objek Wisata Gunung Kidul

Sejumlah pengunjung menikmati wisata air terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul, Yogyakarta.
Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA
Sejumlah pengunjung menikmati wisata air terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL -- Puluhan ribu wisatawan memadati objek wisata di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama libur kenaikan Isa Almasih dan Isra Mi'raj.

Petugas Pos Retribusi Baron Dwi Jatmiko di Kulon Progo, mengatakan hingga pukul 16.30 WIB jumlah pengunjung yang masuk melalui pos retribusi utama Pantai Baron, pos retribusi Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan pos retribusi Tepus mencapai 15.088 orang.

"Jumlah kunjungan wisatawan yang melalui pos utama Baron hari ini mencapai?7.918 orang, dan Jumat 2.988 orang," kata Dwi Sabtu (16/5).

Ia mengatakan seperti tahun sebelumnya, wisatawan meningkat dalam setiap libur panjang. "Ada peningkatan kunjungan selama dua hari terakhir dibandingkan hari bisa, kemungkinan karena libur panjang," katanya.

Menurut dia, kunjungan pantai banyak didominasi oleh wisatawan dari luar daerah. Hal itu terlihat dari plat nomor kendaraan, seperti dari Jakarta, Bandung, Solo dan Surabaya.

"Sebagian besar dari luar daerah, bus wisata pun berasal dari luar daerah," katanya.

Sementara itu, sejumlah kendaraan harus mengantre di pintu masuk Pantai Baron. Arus lalu lintas sendiri ramai lancar. "Diperkirakan puncak kunjungan wisatawan hari ini hingga esok," kata dia.

Sementara itu, di kawasan objek wisata Gua Pindul, jumlah wisatawan meningkat tajam. Seperti diutarakan oleh Hari salah satu staf pengelola gua pindul Mriwis Putih.

"Terjadi peningkatan kunjungan dalam beberapa hari terakhir," katanya.

Salah seorang wisatawan asal Jember, Agus mengatakan banyaknya antrean di Gua Pindul menyebabkan mulut gua penuh sesak dengan wisatawan yang ingin menikmati keindahan wisata gua dengan menaiki ban dalam tersebut.

"Tadi waktu mau masuk harus antre agak lama karena banyak kunjungan," kata dia.

Dia mengaku sudah dua kali berkunjung ke Gua Pindul, dan untuk yang kedua ini, dirinya mengaku tidak bisa merasakan keindahan, karena banyaknya wisatawan yang datang.

"Untuk hari ini tidak nyaman karena banyaknya pengunjung," kata dia.

Terpisah, Kabid Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunung Kidul Hari Sukmono mengatakan belum ada data yang masuk mengenai kunjungan wisatawan. "Sampai hari inil datanya belum masuk," katanya.

Meningkatnya kunjungan juga terjadi di objek wisata lain seperti Air Terjun Sri Gethuk, kawasan Gunung Api Purba, Kawasan Pantai Ngrenean, Pantai Wediombo hingga Sabtu sore belum terkalkukasi.

"Kami memperkirakan objek-objek wisata tersebut juga dipenuhi oleh para wisatawan yang hendak menghabiskan libur panjang," kata dia.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement