Kamis 14 May 2015 16:11 WIB

HUT Surabaya, Festival Kalimas Suguhkan Lomba Dayung Malam Hari

Rep: Andi Nurroni/ Red: Esthi Maharani
Membersihkan sampah di sungai Kalimas, Surabaya, Jatim. (ilustrasi)
Foto: Antara
Membersihkan sampah di sungai Kalimas, Surabaya, Jatim. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Semarak perayaan HUT Kota Surabaya ke-722 masih berlanjut. Berbagai ajang menarik menarik masih akan berlangsung sepanjang Mei ini. Salah acara terdekat dan dijamin meriah adalah Festifal Kalimas yang akan dihelat pada 16-17 Mei 2015.

Asisten Bidang Pemerintahan Sekretaris Kota Surabaya Yayuk Eko Agustin mengatakan, tujuan utama Festival Kalimas adalah untuk menghidupkan kembali sungai kebanggaan warga Surabaya tersebut.

“Kalimas kini sudah sangat bersih. Oleh karenanya harus dimanfaatkan sebagai bagian dari identitas kota ini,” kata Yayuk, Kamis (14/5).

Sejak lama, Kalimas memang menjadi ikon alami Surabaya. Posisinya yang membelah kota membuat sungai ini berkontribusi memompa “denyut nadi” perekonomian Kota Pahlawan sejak era kolonialisme Belanda di Tanah Air. Meski tak lagi difungsikan sebagai rute kapal pengangkut komoditi, nilai historis Kalimas masih lestari di tengah masyarakat Kota Surabaya.

Yayuk menginformasikan, Festival Kalimas akan difokuskan pada tiga titik, yaitu, Taman Skatepark & BMX, Taman Ekspresi dan Taman Prestasi. Pembukaannya sendiri, menurut dia, akan dilakukan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada Sabtu (16/5) pukul 18.00 di Taman Skatepark & BMX.

Yayuk menjelaskan, beberapa kegiatan yang dapat dijumpai di festival ini antara lain lomba dayung perahu naga serta hiburan musik. Hiburan musik akan disajikan di tiga taman di tepi Kalimas yang menjadi pusat kegiatan. Sisi yang membuat kegiatan ini menarik, menurut Yayuk, seluruh mata acara digelar di malam hari.

Untuk menambah daya tarik kegiatan, menurut Yayuk, di sepanjang Kalimas, mulai dari Monumen Kapal Selam (Monkasel) hingga Taman Ekspresi (depan Hotel WETA) akan dihiasi lampion. Tak sampai di situ, menurut Yayuk, tata lampu juga sudah disiapkan agar pengunjung dapat melihat segala aktivitas di atas sungai dengan jelas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement