Senin 11 May 2015 06:14 WIB

Kerja Lembur? Perhatikan Empat Hal Penting Ini

Rep: Sonia Fitri/ Red: Citra Listya Rini
Kelelahan akibat kerja lembur (ilustrasi)
Foto: sciencemediacentre.co.nz
Kelelahan akibat kerja lembur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Bagi Anda kalangan pekerja yang kerap atau sekali waktu dihadapkan pada jam lembur, butuh energi ekstra agar hasil pekerjaan dapat maksimal, serta kesehatan tak lantas terganggu setelah lembur usai.

Berikut empat hal yang mesti Anda perharikan ketika lembur sebagaimana dilansir dari National Greographic Indonesia:

Pertama, perbanyak minum air putih. Ketika tubuh digunakan dengan energi maksimal, potensi dehidrasi semakin tinggi dan membuat vitalitas menurun. Memperbanyak asupan air putih akan sangat membantu agar tubuh segar tetap terjaga ketika Anda beraktivitas di malam hari.

Kedua, konsumsi vitamin C yang memang fungsi utamanya menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat. Kondisi lemah ketika dan pasca lembur dapat melemahkan daya tahan, makanya ahrus didukung dengan mengonsumsi vitamin C.

Ketiga, yakni menyisipkan kegiatan olahraga di jam kerja. Melakukan olahraga ringan akan membantu menjaga peredaran darah tetap lancar dan kebugaran tubuh tetap terjaga. Olahraga yang dimaksud misalnya jalan kaki mengelilingi kantor dua atau tiga kali, dan tiga set push up atau sit up selama 30 detik. 

Keempat, jangan langsung mandi di pagi ahrinya setelah lembur meskipun Anda merasa jengah dan ingin segera mandi dengan ahrapan mendapatkan kesegaran. Hati-hati, sebab keinginan tersebut justru yang akan menyulut gangguan kesehatan. Kondisi internal tubuh yang panas setelah begadang semalaman, jika langsung diguyur dengan air dingin, akan membuat tubuh rentan virus influenza.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement