Sabtu 09 May 2015 10:00 WIB

Cara Cerdik Memilih Cat Rumah

Perempuan sedang mengecat rumah (Ilustrasi)
Foto: Google
Perempuan sedang mengecat rumah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berniat mengecat ulang rumah karena warnanya sudah usang atau banyak bagian dinding yang mengelupas? Sebelum salah memilih cat, bekali dulu diri Anda dengan langkah-langkah memilih cat berkualitas bagus berikut ini dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Perhatikan bau cat

Saat Anda meminta tester cat, perhatikan baunya. Bau cat yang menusuk hidung biasanya banyak mengandung timah hitam atau timbal (Pb) dan merkuri (Hg) yang bisa berbahaya bila banyak terhirup. Pilih cat dengan bau yang tidak terlalu keras.

Colek sedikit dan gesekkan dengan jari lain

Cat yang terasa lengket dan menggumpal biasanya memiliki kualitas kurang baik. Umumnya ada dua jenis cat, jenis dengan bahan dasar minyak dan lateks. Cat berbahan dasar minyak cocok untuk dinding kayu karena bisa melindungi dari noda dan tahan lama. Beberapa jenis cat berbahan dasar lateks dicampur dengan aditif karet, akrilik, atau vinyl.

Cat dengan aditif karet bagus untuk logam dan material padat. Aditif vinyl membuat cat lateks menutup permukaan dengan lebih baik, dan pas digunakan untuk mengecat permukaan yang gelap atau bercorak. Sedangkan cat dengan aditif akrilik awet dan mudah dicuci sehingga cocok untuk dinding dapur dan kamar anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement