Selasa 05 May 2015 07:01 WIB

Jam Belajar Jadi Faktor Keunggulan Sekolah di Cina

Anak-anak sekolah di Cina menghabiskan libur Mayday mengunjungi Lapangan Tiananmen.
Foto: AP
Anak-anak sekolah di Cina menghabiskan libur Mayday mengunjungi Lapangan Tiananmen.

REPUBLIKA.CO.ID, Bicara soal pendidikan, anak-anak sekolah Cina merupakan salah satu murid-murid unggul dunia. Nabi Muhammad bahkan pernah menganjurkan untuk menimba ilmu hingga ke Cina.

Cina memang negara dengan catatan pendidikan yang panjang dan terkenal baik. Pelajaran di Cina unggul melalui jam belajarnya yang panjang. Apalagi yang bisa dipetik dari pelajaran kelas global ala Cina?

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, di Amerika, rata-rata jam sekolah adalah sekitar enam setengah jam. Sebagai kontras, anak-anak prasekolah di Cina bahkan harus belajar selama delapan jam setiap hari, dan menginjak usia 6 tahun, anak-anak mendapat beberapa jam untuk pekerjaan rumah.

“Para orang tua di sini melakukan semua yang mereka bisa lakukan untuk memastikan bahwa satu anak mereka berhasil dan masuk universitas terkemuka dalam kondisi masyarakat yang sangat penuh persaingan ini,” kata Stephanie Giambruno, seorang produser TV Amerika dan ibu seorang anak berusia 4 tahun.

“Anda tidak akan melihat seorang anak SD di Cina bermain di luar, karena mereka berada di rumah mengerjakan tugas-tugas sekolah. Bahkan pada hari Sabtu, mereka belajar bahasa Inggris atau memerdalam mata pelajaran lainnya.

Ketekunan mereka ini menghasilkan nilai akademis yang memuaskan. Murid-murid di Cina usia 6 tahun ke atas dapat menghapal karakter huruf Mandarin yang kompleks (sebanyak 50 karakter baru setiap minggunya), menguasai bahasa kedua (pada umumnya Bahasa Inggris), dan memelajari ilmu pengetahuan alam jauh lebih dalam, menghabiskan waktu tiga sampai empat tahun dalam setiap mata pelajaran biologi, kimia, dan fisika pada saat SMA dibandingkan yang umumnya hanya satu tahun untuk setiap mata pelajaran bagi kebanyakan murid-murid di Amerika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement