Selasa 05 May 2015 05:40 WIB

Kapan Anak Harus Belajar Mengaji?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak belajar mengaji
Foto: Republika/Prayogi
Anak belajar mengaji

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini banyak orang tua yang ingin anaknya cepat pintar, salah satunya bagi keluarga Muslim adalah menginginkan anaknya bisa mengaji. Sejak kecil mereka mulai mengajarkan anaknya mengaji, bahkan tak sedikit dari mereka yang memasukkannya kedalam pengajian anak-anak atau mengambil guru ngaji privat.

Sebenarnya usia berapa idealnya anak sudah bisa diajarkan mengaji?

Psikolog Anak, Ine Indriani, menjelaskan untuk mengajarkan anak mengaji, orang tua harus melihat dahulu kondisi anak. Apakah anak senang diajarkan mengaji dan mau diajarkan. Jika mereka senang dan mau, boleh-boleh saja orang tua mulai mengajarkan anak mengaji. Tapi, jika anaknya masih tak mau, orang tua tidak boleh memaksanya.  

“Kalau belajar ngaji kapan tepatnya sebenarnya itu tergantung kesiapan anak,” ungkap Ine, Senin (4/4).

Ine menyarankan agar orang tua mencoba untuk mengenalkan terlebih dahulu huruf-huruf hijaiyah dan doa-doa pada anak. Bisa pula ajarkan anak shalat berjamaah.  

“Dari situ kita bisa melihat apakah anak sudah memiliki minat atau belum,” ujarnya.

Ia menambahkan dalam mengajarkan anak doa, shalat dan huruf hijaiyah, sebaiknya dengan suasana yang menyenangkan dan sambil bermain. Sehingga anak bisa merasa senang dan gembira. Dan pelajaran yang disampaikan kepada anak pun bisa diserap dengan baik dalam suasana yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement