Senin 04 May 2015 07:02 WIB

Gelar Seni Pasanggrahan Goa Sunyaragi Sedot Ratusan Pengunjung

Rep: Lilis Handayani/ Red: Hazliansyah
Goa Sunyaragi, Cirebon
Foto: disparbudjabar
Goa Sunyaragi, Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Gelar Seni Pasanggrahan 2 di Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS) mendapat sambutan yang antusias dari ratusan warga. Mereka berduyun-duyun menyaksikan acara yang menampilkan berbagai kesenian khas Cirebon itu.

Wakil Direktur 1 Badan Pengelola TAGS, Muhammad Akbar, menyebutkan, jumlah pengunjung yang datang ke TAGS pada Ahad (3/5) sejak pagi hingga sore hari mencapai 800 orang. Jumlah itu meningkat dibandingkan acara serupa yang digelar pada bulan sebelumnya.

''Selain warga, adapula tokoh pemerintahan, seniman, budayawan dan lainnya yang hadir,'' ujar Akbar.

Dalam kesempatan tersebut, kesenian yang ditampilkan berupa tari topeng kelana, sintren, ronggeng bugis, dan tayuban. Adapula paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu khas Cirebonan.

Akbar menambahkan, melihat tingginya antusiasme warga, pihaknya kemungkinan akan menambah jadwal pagelaran dari sebulan sekali menjadi dua kali. Selain itu, kesenian yang ditampilkan pun akan berganti-ganti.

''Supaya masyarakat mengetahui bahwa Cirebon kaya akan seni dan budaya,'' tegas Akbar.

Akbar menyatakan, acara itu digelar sebagai upaya untuk melestarikan kesenian dan budaya Cirebon. Dengan demikian, kesenian dan budaya yang mengandung kearifan lokal tersebut bisa terus terjaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement