Jumat 01 May 2015 17:09 WIB

Mengasah Imajinasi Anak

Bermain dengan warna bisa membantu mengasah daya imajinasi anak.
Foto: rgbstock
Bermain dengan warna bisa membantu mengasah daya imajinasi anak.

REPUBLIKA.CO.ID, Anak perlu dirangsang daya kreativitas dan imajinasinya. Lima penugasan berikut ini akan mengembangkan daya imajinasi anak Anda

Berpikir dengan Warna

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, kumpulkan krayon, spidol, atau pastel warna favorit Anda dan cocokkan dengan benda-benda yang ada. Rekamlah dimana Anda melihatnya di atas secarik kertas, atau dokumentasikan warna mainan, buku, makanan atau memori yang Anda sukai–benda praktis apapun yang bisa menginspirasi Anda.

Mengobservasi Dunia

Buatlah daftar hal-hal yang Anda perhatikan saat berjalan ke sekolah, taman, atau sekitar halaman belakang. Masukkan warna, suara, bau, tekstur, pola, orang-orang, percakapan, binatang, pohon, bunga, bentuk, atau apapun yang Anda inginkan. Tuliskan di dalam jurnal lapangan.

Buatlah Patung

Buatlah rancangan apapun dari benda yang Anda banyak miliki. Atur benda-benda tersebut ke dalam pola dan bentuk, tumpuk, atau satukan dengan menggunakan selotip. Ada beberapa saran untuk materialnya: kantung kertas atau plastik, dedaunan, surat sampah, botol plastik, kaleng, tongkat, kaleng, kardus, batu, dan lainnya.

Mencari Wajah

Carilah mata, hidung, dan mulut di tempat-tempat setiap hari di sekitar Anda. Temukan objek-objek tersebut pada bagian pipa; pakaian; pintu dan jendela; pepohonan; tanaman; atau bunga; mobil-mobil dan truk; awan, dan lainnya.

Merayakan Keberagaman

Kumpulkan berbagai jenis benda tertentu, seperti senar, batu, atau kerang, dan tebarkan di depan Anda. Lihatlah sedetil mungkin dan perhatikan perbedaan yang Anda lihat. Cobalah untuk menemukan paling tidak 25 variasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement