Jumat 01 May 2015 16:48 WIB

Misi Penjelajahan Bersama Si Kecil

Bermodalkan kertas, pensil, atau alat warna anak-anak bisa diajak membuat beragam kreasi menarik.
Foto: pixabay
Bermodalkan kertas, pensil, atau alat warna anak-anak bisa diajak membuat beragam kreasi menarik.

REPUBLIKA.CO.ID, Bersiaplah mengajak si kecil melakukan ekspedisi unik ke tempat-tempat dan objek familiar. Berbagilah halaman ini dengan anak berusia 5 tahun ke atas agar mereka bisa belajar merakit peralatan penjelajah sendiri. Lalu mulailah lima misi yang mengajarkan mereka (dan mungkin juga Anda) cara baru untuk memandang dunia.

Semua kegiatan di halaman ini bisa dilakukan menggunakan apapun yang Anda miliki; hanya sebatang pensil dan secarik kertas pun bisa. Namun Anda bisa berharap menggabungkan beberapa hal untuk membantu Anda menjalankan misi. Beberapa yang disarankan, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Cara Membuat Peralatan Menjelajah

Pertama, pilihlah tempat untuk dijelajahi. Anda tidak harus bepergian jauh-jauh; hal yang mudah menemukan harta karun besar dan kecil di rumah, halaman belakang, taman setempat, supermarket, atau taman bermain sekolah.

Selanjutnya, kumpulkan bahan-bahan dan objek dan mainkanlah. Atur benda-benda tersebut dengan cara berbeda untuk membuat pengelompokan baru. Lalu pelajarilah kombinasi yang Anda buat. Ingatlah; tidak ada cara benar atau salah dalam melihat apapun yang Anda temukan.

Lalu gunakan metode-metode ini untuk merekam temuan: menulis, menggambar sketsa, menjiplak, mencetak dengan tanah liat, menekan objek di dalam buku, dan membuat cetakan cat (mencelupkan objek ke dalam cat dan menekannya pada kertas).

Setelahnya, berpura-puralah Anda sedang mengunjungi suatu pulau baru, dan semua hal di sana aneh bagi Anda. Bayangkan Anda belum pernah melihat benda tersebut sebelumnya, dan lupakan apa yang Anda ketahui tentang benda tersebut–terbuat dari apa, digunakan untuk apa, dan bahkan apa namanya. Saat melihatnya, Anda bisa mulai memikirkan sifat dasarnya, seperti bentuk, warna, ukuran, tekstur, dan bau.

Begitu Anda sudah melihat karakteristik dasar suatu objek, tanyakan kepada diri sendiri cara menggunakannya dengan menggunakan kemampuan detektif Anda.

•    Benda ini bisa digunakan untuk apa?

•    Berapa banyak fungsi yang bisa dilakukan benda ini?

•    Apa kegunaan benda ini dilihat dari bentuknya?

•    Bagaimana bisa berada di sana?

•    Apa saja yang sudah dilewatinya?

•    Jenis kekuatan sihir apa yang mungkin dimilikinya?

•    Kisah apa yang tersimpan di balik benda tersebut?

•    Siapa yang mungkin sudah menyentuhnya sebelum Anda?

Daftar barang-barang untuk dikumpulkan: apapun yang menyenangkan Anda, mimpi, bahan kain, bulu, benda-benda gepeng, angka-angka, bungkus, kertas, arsiran, foto, benda-benda plastik, benda-benda yang berukuran sangat kecil, benda-benda bulat, karet gelang, biji-bijian, kerang, bebauan, noda, stiker, tongkat, barang-barang lengket, senar, kisah, kemasan gula, selotip, benda-benda dari laut, benda-benda dari pepohonan, benda-benda yang tergantung, keingian (dari orang lain), kata-kata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement