Rabu 29 Apr 2015 16:10 WIB

Melihat Laskar Pelangi di Belitung

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi
Foto: citra listya rini/ROL
Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG PANDAN  --  Mendengar nama Belitung tentu Anda langsung teringat dengan film Laskar Pelangi yang meledak di pasaran pada 2008 lalu. Film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini memang secara tidak langsung mengerek nama Pulau Belitung.

Setelah film yang disutradarai Riri Riza itu meroket sontak Pulau Belitung kedatangan para pelancong yang ingin melihat SD Laskar Pelangi di Gantong. Para pelancong ingin melihat langsung sekolah yang kondisinya mengenaskan tempat Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek alias Samson, Trapani, dan Harun menimba ilmu.

Republika Online (ROL) berkesempatan melihat SD Laskar Pelangi di Gantong. Namun, SD Laskar Pelangi ini hanyalah replika semata. Lokasi Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi di Belitung Timur merupakan lokasi baru.

Bangunan kayunya dipindahkan dari lokasi sebelumnya yang berada di halaman SD Negeri 9 Selingsing, yang menjadi tempat dimana syuting film Laskar Pelangi dilakukan. Bangunan aslinya sendiri sudah tidak ada bekasnya lagi.

Setibanya di replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, ROL beserta rombongan langsung memasuki ruangan kelas yang kondisinya jauh dari sempurna. Meski hanya replika, tapi ruang kelas hampir mirip dengan SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang asli seperti di film Laskar Pelangi.

Selain ada replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, Anda juga bisa melihat sebuah replika sumur. Di ujung kanan bangunan ini adalah ruangan yang dulu digunakan oelh Kepala Sekolah SD Muhammadiyah yang bernama Pak Harfan. Replika SD Laskar Pelangi terletak di atas bukit bertanah putih.

Tidak hanya SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang menyedot perhatian para pelancong. Melainkan juga Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai Tanjung Tinggi terkenal dengan bebatuan raksasanya di atas pasir putih.

Tanjung Tinggi adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Setibanya di Tanjung Tinggi, Anda akan melihat papan bertuliskan 'Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi'. Di pantai ini, Mahar dan kawan-kawan bernyanyi dan saling berkejaran menikmati indahnya Tanjung Tinggi.

Pesona kecantikan merupakan daya tarik dari Pantai Tanjung Tinggi. Hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau tosca kebiruan serta hamparan bebatuan yang berada di sekitar pantai menambah pesona kecantikan Pantai Tanjung Tinggi.

Film Laskar Pelangi memang begitu melekat dengan Pulau Belitung. Hingga suvenir yang diperjualbelikan di Pulau Belitung selalu memiliki embel-embel film Laskar Pelangi.

Pun, terdapat Museum Kata Andrea Hirata di Belitung. Museum ini tadinya sebuah rumah penduduk Belitung namun direnovasi oleh Andrea Hirata untuk dijadikan Museum Kata. Isi dari Museum Kata tentu saja menonjolkan karya fenomenal Andrea Hirata yakni Laskar Pelangi. Penggalan foto-foto adegan film Laskar Pelangi dan foto berserta piagam-piagam Andrea Hirata dapat Anda temui di Musem Kata.

Museum ini juga dilengkapi pojok suvenir dan sebuah warung kopi kecil yang letaknya berdekatan dengan dapur bernama Warkop Kupi Kuli. Penyajian kopi di Warkop Kupi Kuli ini masih tradisional sehingga aroma kopi hitam begitu menyengat saat diseruput.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement