Rabu 29 Apr 2015 09:21 WIB

Kecanduan Gadget Rusak Keharmonisan Keluarga

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Daya tarik gadget tidak boleh mengalahkan waktu berkualitas dengan keluarga dan pasangan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Daya tarik gadget tidak boleh mengalahkan waktu berkualitas dengan keluarga dan pasangan.

REPUBLIKA.CO.ID, Komunikasi adalah salah satu hal yang paling penting dalam hubungan apapun. Komunikasi membantu membangun hubungan lebih bahagia dan memulai sebuah keluarga yang sehat. Namun komunikasi secara langsung antara manusia masa kini agak terganggu dengan kehadiran teknologi yang sudah canggih.

Teknologi sangat mempengaruhi pola komunikasi manusia saat ini. Manusia bisa lebih menikmati memainkan smartphone-nya ketimbang ikut andil dalam obrolan bersama teman-teman lainnya ketika berkumpul. Atau seorang anak yang asik bermain video game di tengah-tengah acara keluarga.

Dilansir dari Womanitely, Rabu (29/4), berikut ini hal-hal yang membuat hubungan komunikasi Anda dan pasangan rusak dikarenakan teknologi canggih.

Kecanduan telepon

Apakah Anda atau pasangan menghabiskan waktu terlalu banyak berada di depan smartphone? Kecanduan ponsel menjadi hal yang umum saat ini. Banyak orang yang mencoba untuk menyingkirkan kecanduan ini tapi itu tidak mudah.Coba matikan ponsel Anda, dan mulailah membangun komunikasi lebih baik lagi agar terjalin hubungan yang harmonis.

Berkelahi

Berkelahi dengan pasangan Anda memang tidak apa-apa jika terjadi, namun berbeda jika Anda bertengkar dengan pasangan di dalam jaringan komunikasi, seperti sosial media, atau penyebab Anda berkelahi dengan pasangan karena masalah status di sosial media. Anda akan terus-terus bertengkar tanpa henti dan justru akan merusak hubungan selama ini.

Mempengaruhi pola tidur

Apakah Anda menderita insomnia atau pasangan Anda memiliki kesulitan tertidur setiap malam hari? Mungkin masalahnya ada pada teknologi. Memeriksa ponsel atau tablet tepat sebelum tidur adalah kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi hubungan Anda serta kehidupan seks Anda. Menonton TV sebelum tidur juga kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Berbagi terlalu banyak rincian di media sosial

Saat ini menjadi trend untuk berbagi setiap detail dari hidup di media sosial. Tapi sebelum mengunggah rincian kehidupan hubungan Anda dan pasangan, pertimbangkan juga dampak yang akan Anda rasakan ketika melakukan itu. Anda harus menghindari mengunggah rincian perkelahian dari hubungan Anda. Menjaga hal-hal pribadi untuk umum merupakan salah satu kunci menjaga hubungan panjang umur dan bahagia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement