Selasa 28 Apr 2015 12:25 WIB

Mengintip Mercusuar yang Terkenal di Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas, Bangka Belitung
Foto: ROL/Sadly Rachman
Pulau Lengkuas, Bangka Belitung

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG PANDAN  --  Berplesir ke Pulau Belitung rasanya tidak afdol tanpa mengunjungi Pulau Lengkuas. Selain pantainya yang bagus, Pulau Lengkuas juga sangat terkenal dengan mercusuarnya yang menjulang tinggi. 

Republika Online (ROL) berkesempatan menjelajah Pulau Lengkuas yang namanya meroket sejak film Laskar Pelangi meledak di pasaran. Untuk mencapai Pulau Lengkuas diperlukan waktu tempuh 30-45 menit dari Pantai Tanjung Kelayang. 

Selama di perjalanan menempuh Pulau Lengkuas, Anda bisa memandang birunya air laut yang masih bersih. Pun, mata dimanjakan pulau-pulau dengan bebatuan granit yang berukuran besar seperti Pulau Batu Garuda. 

Setelah hampir 45 menit menempuh perjalanan, ROL beserta rombongan akhirnya tiba di Pulau Lengkuas. Mercusuar yang menjulang tinggi langsung menyambut kedatangan ROL beserta rombongan.

Berhubung ROL datang bukan akhir pekan, maka pengunjung yang merapat ke Pulau Lengkuas tidak terlalu banyak. Pak Mudjip, salah satu penjaga mercusuar di Pulau Lengkuas mengatakan pengunjung yang berkunjung bisa mencapai 600 orang pada akhir pekan. 

Mercusuar Pulau Lengkuas terlihat begitu kokoh meskipun sedikit kotor lantaran berkarat. Lantaran penasaran, ROL kemudian naik ke mercusuar yang sudah dibangun Belanda pada 1882 itu. Tiap pengunjung dipungut biaya Rp 5.000 agar bisa mendaki mercusuar. 

Satu per satu anak tangga ROL naik. Tidak terasa 313 anak tangga sudah ROL naiki mencapai puncak mercusuar di atas ketinggian 65 meter. Pemandangan laut yang indah beserta pulau yang mengitari pun terlihat sehingga tidak sia-sia kaki pegal menaiki tangga mercusuar yang sudah berkarat. 

Pulau Lengkuas ini juga dilengkapi museum sejarah pulau tersebut. Jika kelaparan dan haus bisa membeli makanan ringan di Pulau Lengkuas. Pun, Pulau Lengkuas dilengkapi toilet yang cukup bersih. Pulau ini dijaga oleh empat penjaga mercusuar. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement