Selasa 28 Apr 2015 03:13 WIB

Berburu Makanan Halal di Cina

Rep: c 38/ Red: Indah Wulandari
Ragam Snack halal di Muslim Street, Xi'an, Cina
Foto: china.org
Ragam Snack halal di Muslim Street, Xi'an, Cina

REPUBLIKA.CO.ID,XI'AN -- Xi'an, sebuah ibukota kuno Cina dan awal jalur sutra, telah lama menjadi rumah bagi komunitas Muslim yang besar.

Kota ini merupakan kota pertama di Cina yang diperkenalkan Islam ketika Kaisar Gaozong dari Dinasti Tang resmi mengizinkan praktik ibadah Islam di 651 Masehi.

Xi'an memiliki komunitas Muslim yang besar, sebagian besar berasal dari kelompok Hui, dengan perkiraan sekitar 50 juta orang  Hui di Xian.

Muslim Quarter adalah pusat komunitas Muslim di Kota Xian, Provinsi Shaanxi. Terletak di sebelah utara West Street di pusat kota, kawasan ini mencakup beberapa blok yang dihuni oleh lebih dari 20 ribu Muslim.

Ada sekitar 10  masjid di daerah ini, di antaranya Masjid Agung di Huajue Lane yang paling terkenal dan populer.

Muslim Street tampak asri dengan batu ubin biru dan naungan oleh pohon-pohon. Sepanjang jalan, berjajar toko-toko kuno dari zaman Dinasti Ming (1368-1644) dan Qing (1644-1911), yang semua dioperasikan oleh orang-orang etnis Hui.

Sejumlah bangunan arsitektur kuno dipertahankan dengan baik di jalan, antara lain Hanguang Gerbang dari Dinasti Tang (618-907), Xicheng Gate Tower Cluster dari Dinasti Ming (1368-1644), The City God Temple (Kuil Tao), dan The Grand Mosque yang semuanya kontras rapi satu sama lain.

muslimvillage.com melansir, Meskipun Muslim Street dianggap sebagai spot wisata nan indah oleh turis asing, jalan ini dianggap sebagai tempat berburu makanan ringan oleh penduduk setempat, yang juga merupakan tempat ideal bagi penduduk untuk menghabiskan waktu selama musim panas. 

Faktanya, Muslim Street memang diisi dengan berbagai restoran dan warung, beberapa mengkhususkan diri menjual kue, beberapa buah kering dan beberapa makanan ringan.

Kebanyakan hidangan terkenal dari Xian tersedia di Muslim Street, sup kambing dengan roti pita hingga dumpling.

Restoran yang harus Anda coba di Xi'an, antara lain Chun Fa Sheng Restaurant di Nanyuanmen Street, Xian; Tong Sheng Xiang Restaurant di Zhonggulou Square, Xian; Tian Tang Ke Restaurant di 215, North Guangji Street, Xian; dan Jia San Steamed Dumpling Restaurant di 121, West Xiyangshi Street, Xian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement