Jumat 24 Apr 2015 06:45 WIB

Kota-Kota Tertua di Dunia yang Wajib Dikunjungi

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Damaskus, Syria
Foto: Womanitely
Damaskus, Syria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjalaan menjelajahi dunia merupakan impian semua pelancong. Apalagi bisa mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan sejarah dan budaya. Selain berwisata, kita juga belajar sejarah dari tempat yang didatangi.

Berikut ini beberapa kota tua yang berada dipelbagai belahan dunia yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata sejarah di sela-sela penatnya beraktifitas, dilansir dari Womanitely, Jumat (24/4).

Damascus, Syria

Selain menjadi ibukota Suriah, Damaskus juga merupakan kota terbesar di negara tersebut, dengan populasi lebih dari 4,5 juta orang. Sejarah kota ini berawal dari 10,000-8,000 SM (meskipun waktu yang tepat masih diperdebatkan oleh para peneliti sejarah) sehingga  Damaskus diakui sebagai salah satu kota tertua di dunia yang dihuni manusia. Terletak di antara Afrika dan Asia, kota ini memiliki lokasi geografis yang menguntungkan karena berada di persimpangan orientasi dan negeri Barat.

Athens, Yunani

Tempat lahirnya peradaban Barat ini adalah ibu kota Yunani dengan penduduk sekitar 3 juta orang. Sekarang telah dihuni selama lebih dari 7.000 tahun dan desain kota ini terinspirasi oleh Ottoman, Bizantium dan peradaban Romawi. Ini adalah tempat kelahiran filsuf yang luar biasa, penulis, dramawan, seniman dan gaya klasik yang mempengaruhi dunia.

Byblos, Lebanon

Byblos adalah salah satu kota tertua Phoenicia dan telah terus-menerus dihuni sekitar 5.000 tahun. Byblos secara langsung berhubungan dengan pengembangan abjad Fenisia, yang digunakan hingga sekarang. Byblos adalah tujuan wisata yang indah karena menawarkan tempat-tempat menakjubkan seperti benteng dan kuil-kuil kuno, pemandangan yang indah yang menghadap ke Mediterania, reruntuhan antik dan pelabuhan.

Jerusalem, Israel

Yerusalem adalah salah satu kota yang paling sering dikunjungi dan menjadi tujuan agama yang paling penting di dunia. Yerusalem dikenal menjadi tempat suci bagi Yahudi, Kristen dan Muslim. Pada tahun 1981 Old Town ditambahkan ke Daftar Situs Warisan Dunia yang sudah dalam bahaya karena kota modern telah menyebar jauh melampaui batas-batas pusat kota peninggalan masa lalu.

Varanasi, India

India adalah tempat kelahiran peradaban kuno yang terkenal di dunia. Kota suci India, Varanasi terletak di tepi sungai Gangga dan dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia. Orang-orang Hindu percaya bahwa kota ini didirikan oleh Dewa Siwa dan sejarah kota berawal dari  abad ke-12 SM.  Mark Twain pernah mengatakan kata-kata yang indah tentang kota ini, "Banaras lebih tua dari sejarah, lebih tua dari tradisi, lebih tua bahkan dari legenda, dan terlihat dua kali lebih tua mereka semua disatukan." Varanasi merupakan pusat budaya dan agama yang luar biasa dengan banyak penyair terkenal, penulis dan musisi terkonsentrasi di kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement