Jumat 17 Apr 2015 20:47 WIB

Jaga Hubungan Harmonis dengan Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Rep: C26/ Red: Ani Nursalikah
Hubungan suami istri/ilustrasi
Foto: closerdaybyday.info
Hubungan suami istri/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda tentu bermimpi memiliki hubungan sesempurna David Beckham dan istrinya Victoria Beckham. Sesempurna apapun terlihat, tentu dalam suatu hubungan tidak lepas dari lika-liku kerikil tajam yang jadi bumbu.

Walaupun begitu Anda perlu menghindari beberapa hal yang membuat hubungan terguncang. Seperti dikutip dari All Women Stalk, Jumat (17/4) berikut tips menjaga hubungan Anda tetap harmonis.

Memata-matai

Komunikasi adalah kunci menjaga kepercayaan dengan pasangan. Dalam sebuah hubungan Anda harus percaya sepenuhnya kepada pasangan Anda.

Walaupun bukan berarti anda tidak boleh membuka ponselnya. Namun, hindarilah memata-matai dirinya. Sebab, hubungan tidak akan baik jika Anda terus memata-matainya karena curiga.

Membuat Perbandingan

Anda harus mampu menerima semua yang ada di dirinya. Jangan membandingkan dengan orang lain yang mungkin menurut anda jauh lebih sempurna! Pasangan Anda pasti punya kelebihan lain yang membuatnya berbeda dengan orang lain. Anda harus fokus pada hal yang dimiliki pasangan bukan kelebihan orang lain.

Kehilangan Jati Diri

Rasa cinta kepada pasangan boleh saja besar. Tapi jangan lupakan keluarga, teman-teman dan hobi sendiri. Ini yang tentu tidak boleh dihilangkan dari kehidupan Anda setelah memiliki pasangan.

Tetaplah mencintai pasangan anda tanpa melupakan kehidupan anda sebelumnya agar tidak terjadi konflik di kemudian hari.

Bohong

Mungkin Anda berpikir kebohongan kecil tidak berdampak apa-apa. Tapi sadarlah kebohongan merupakan bola salju yang semakin lama bisa membesar. Ini akan menjadi bom atom bagi hubungan anda sendiri. Bersikaplah jujur pada pasangan untuk menjaga hubungan Anda.

Dendam

Hubungan adalah tentang memberi dan menerima. Ketika pasangan melakukan kesalahan, belajarlah memaafkan. Tak ada gunanya mendendam akibat kesalahan yang dibuat pasangan. Kemarahan anda tak akan merubah sesuatu menjadi lebih baik.

Memberi Nilai

Kebiasaan ini berkaitan dengan yang sebelum-sebelumnya. Hindari memberi nilai dengan sebutan 'pemenang' atau 'pecundang'. Berikan saja penilaian tanpa melabelkan pasangan Anda.

Membiarkan Saja

Anda tidak boleh berpikir mengungkapkan rasa sayang sesering mungkin dapat membuat mereka bosan. Ungkapkan cinta anda dan biarkan mereka tahu betapa Anda menyayangi pasangan. Menunjukkan rasa syukur dan memperhatikannya dapat membuat hubungan lebih kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement