Jumat 17 Apr 2015 15:06 WIB

Mengenal Minyak Zaitun Asli Spanyol

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Minyak zaitun
Foto: olimila
Minyak zaitun

REPUBLIKA.CO.ID, Minyak zaitun merupakan satu jenis minyak yang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Kandungan di dalamnya berupa minyak tak jenuh dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Minyak zaitun tidak hanya digunakan untuk memasak saja, tapi juga bisa digunakan perawatan tubuh dan wajah. Tubuh akan terlihat lebih lembab dan cerah bila rutin dibalur minyak zaitun.

Menurut Ivan Tarrago, juru masak asal Spanyol yang bekerja di Mount Scopus atau perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman, minyak zaitun memiliki karakteristik masing-masing. Dalam satu negara saja karakteristik tiap minyak zaitun berbeda, apa lagi dengan negara lain. Salah satu negara produsen minyak zaitun terbesar di dunia adalah Spanyol.

Bila di Indonesia bisa diibaratkan dengan durian. Tiap durian memilik kekhasan masing-masing yang tidak miliki durian lain. Hal yang sama berlaku di Spanyol dalam urusan buah zaitun.

"Seperti minyak zaitun yang dihasikan perkebunan di Cadis, Spanyol. Karena iklimnya yang kering, sehingga buah zaitun yang dihasilkan berukuran kecil tapi berkarakteristik kuat. Berbeda dengan daerah Spanyol bagian utara yang beriklim lembab, perkebunan akan menghasilkan buah zaitun yang besar dan menghasilkan minyak yang banyak, namun tidak terlalu kuat," ujarnya setelah menunjukkan olahan masakan dengan minyak zaitun Spanyol di JIExpo, Kebayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/4).

Menurutnya, Italia memang lebih terkenal masalah produksi minyak zaitun di dunia. Namun, sebenarnya buah zaitun yang diproduksi oleh Italia merupaan hasil dari perkebunan Spanyol dan Turki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement