Kamis 16 Apr 2015 06:59 WIB

Taman Asia Afrika akan Segera Hadir di Bandung

Rep: C01/ Red: Winda Destiana Putri
Taman Kota
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Taman Kota

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kota Bandung akan memiliki satu ruang hijau baru yang akan mengandung nilai sejarah besar. Hutan kota yang akan dibangun tersebut rencananya akan mengusung tema Asia Afrika.

"Di tanah Kiara Condong itu mau jadi hutan kota. Temanya adalah Taman Asia Afrika," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui di Hotel Horison, Rabu (15/4).

Ridwan menyatakan rencana Taman Asia Afrika ini baru sampai tahap pencanangan dan perencanaan. Ridwan menyatakan saat ini masih digambar Detail Engineering Design (DED) dari taman tersebut. Ridwan memperkirakan DED ini akan rampung dalam dua bulan. Sehingga proses pembangunan Taman Asia Afrika dapat dimulai pada tahun ini.

"Pas September kita groundbreaking (peletakkan batu pertama) lah," lanjutnya.

Ridwan menyatakan di dalam Taman Asia Afrika ini akan terdapat suatu danau yang dipasangi tiang-tiang bendera. Tiang-tiang bendera tersebut akan didesain sehingga seolah-olah seperti muncul dari dalam air. Selain itu, di berbagai sudut taman akan terdapat negata-negara yang tergabung dalam Asia Afrika.

Terkait rencana Taman Asia Afrika ini, respon yang diberikan pemerintah Cina sangat baik. Dengan antusias tinggi, Pemerintah Cina bahkan sudah ngetag area negata-negara di Taman Asia Afrika tersebut.

"Yang paling semangat duluan ingin mewujudkan itu adalah dari Negeri Cina," ungkap Ridwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement