Ahad 12 Apr 2015 18:34 WIB

Yuk, Main Ini untuk Mengasah EQ Anak (1)

Anak menangis (ilustrasi)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Anak menangis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kecerdasan emosi anak. Sebagai permulaan, cobalah permainan EQ berikut ini, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Tujuh Kurcaci

PELAJARAN

Memahami bahwa perasaan yang berbeda dapat membuat kita bergerak, bicara, dan berinteraksi.

PERSIAPAN

Minta anak mengingat cerita Snow White dan tujuh kurcaci yang diberi nama sesuai karakteristik mereka. Lalu Anda dan anak pura-pura menjadi salah satu dari kurcaci (minta dia bertingkah seperti Happy, Bashful, Grumpy).

CARA BERMAIN

Saat menjadi tokoh kurcaci, jalankan rutinitas keseharian. Sarankan anak untuk menekankan karakter yang sedang dia mainkan dengan melontarkan pertanyaan seperti, “Menurutmu, bagaimana sikap Happy saat dia memakai sepatu?” Setelah beberapa menit, katakan, “Hi-ho, hi-ho, sekarang saatnya memilih kurcaci lain…” dan tiap anak berganti peran. Setelah anak menjajal berbagai karakter, singkap rahasia dongeng itu: Para kurcaci punya sepupu bernama Excited, Sad, dan Guilty–lalu perankan karakter para sepupu.

Memancing Emosi

PELAJARAN

Ekspresi wajah berbeda menandakan emosi yang berbeda.

PERSIAPAN

Buka album foto digital anggota keluarga dengan ekspresi wajah berbeda-beda. Suami Anda mungkin menampakkan wajah terkejut dengan mulut berbentuk O dan mengangkat alis, sementara nenek menunjukkan wajah marah. Cetak sekitar 10 foto, lalu tempelkan di atas potongan karton.

CARA BERMAIN

Setelah “kartu” disusun, letakkan di bawah kain berwarna biru atau hijau (alias “laut”). Lalu minta anak memancing dengan cara menarik kartu di bawah kain, lalu minta dia menyebutkan emosi yang berhasil dipancing. Ketika dia sudah bisa mengenali ekspresi wajah, naikkan level permainan. Minta anak memeragakan emosi yang dia pancing tanpa perlu menyebutkan jenis emosi. Tugas Anda adalah menebak emosi yang dia peragakan. Begitu Anda berhasil menebak, tiba giliran Anda untuk “memancing.”

Membaca Pikiran

PELAJARAN

Anak bisa merasakan emosi.

PERSIAPAN

Pergilah ke taman bermain. Sambil beristirahat sejenak dari ayunan, duduk dan nikmati kudapan serta perhatikan seluruh emosi yang tampak di sekeliling.

CARA BERMAIN

Tunjuk satu anak (misalnya anak laki-laki yang tertawa histeris karena diputar oleh teman-temannya di kereta putar), dan minta anak Anda untuk menebak apa yang dia pikirkan. Cari kesempatan untuk mengidentifikasi emosi yang berbeda, misalnya anak perempuan yang tampak kesal karena gagal menyebrangi tiang panjat-panjatan setelah berkali-kali mencoba atau anak batita yang terlihat takut menuruni perosotan. Anda juga bisa menunjuk pasangan ibu dan ayah lalu meminta anak menggambarkan isi kepala mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement