Sabtu 11 Apr 2015 23:21 WIB

200 Tahun Letusan Tambora, Momentum Kenalkan Potensi Sumbawa

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih
Gunung Tambora
Foto: Indonesiatravel
Gunung Tambora

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM- Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGH Zainul Majdi mengatakan peringatan 200 tahun letusan Gunung Tambora atau Festival Tambora Menyapa Dunia (TMD) bagian dalam mempromosikan pulau Sumbawa sebagai daerah yang potensial untuk dikembangkan.

"Kami ingin menyampaikan daerah (Sumbawa) yang sangat potensial untuk dikembangkan," ujarnya, Jumat (10/4).

Menurutnya, pulau Sumbawa memiliki sejumlah lokasi pariwisata yang potensial dikembangkan. Seperti, pulau Moyo yang sering dikunjungi oleh para tokoh-tokoh terkenal seperti Bill Clinton.

Selain itu, ia menuturkan, sektor pertambangan di sepanjang arah Barat hingga Timur pulau Sumbawa merupakan potensi yang bagus untuk dikembangkan. Zainul Majdi mengatakan pihaknya pun ingin memperkenalkan kepada turis nusantara ataupun mancanegara bahwa NTB tidak hanya pulau Lombok. Akan tetapi, memiliki pariwisata yang bagus di Pulau Sumbawa.

Menurutnya, ada banyak kegiatan yang diselenggarakan dalam Festival Tambora Menyapa Dunia seperti kegiatan sosial, seni budaya serta ilmu pengetahuan. Selain itu, banyak kegiatan olahraga, ekonomi kreatif.

"Kegiatan TMD memiliki tujuan memperkenalkan secara utuh potensi pulau Sumbawa," ungkapnya.

Ia menuturkan, dengan dideklarasikannya Gunung Tambora sebagai Taman Nasional nanti maka pemanfaatannya bisa lebih konperhensif dan fokus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement