Sabtu 11 Apr 2015 14:24 WIB

Pepaya, Camilan Sehat Bagi yang Sedang Menurunkan Berat Badan

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
Pepaya
Foto: Allwomenstalk
Pepaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah-buahan adalah sumber vitamin yang baik bagi kesehatan. Salah satu buah terbaik yang sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu adalah pepaya.‎ Buah berwarna oranye ini sangat baik dimakan setiap hari.

Pepaya memiliki antioksidan tinggi yang mampu mencegah dari beberapa penyakit. Kaya akan nutrisi, buah ini juga mengandung serat, folat, asam pantotenat, magnesium, vitamin A, vitamin C, riboflavin, dan thiamin.

Mengkonsumi buah bernama latin Carica Papaya ini tentu menghasilkan banyak manfaat. Berikut manfaat mengonsumsi buah ini seperti dilansir Womanitely, Sabtu (11/4).

Baik untuk Pencernaan

Pepaya terkenal memperlancar pencernaan manusia. Di dalamnya terdapat enzim yang membuat pencernaan tetap sehat. Memasukan pepaya dalam menu setiap hari akan membantu meningkatkan metabolisme dan pencernaan tubuh anda.

Membuat Rambut Lebih Indah

Tak hanya berhubungan dengan dalam tubuh, pepaya dapat membantu untuk melembutkan rambut dan menjaga rambut alami kemilau. Selain itu buah ini mencegah ketombe dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Banyak cara yang bisa diterapkan dalam penggunaannya di rambut. Misalnya dengan mencampurkan setengah cangkir yogurt polos dan satu buah pepaya. Ratakan di rambut anda dan bilas setelah 40-45 menit.

Mengurangi Rasa Sakit Menstruasi‎

Untuk para wanita sakit di kala datang bukan sangat menyiksa. Ternyata pepaya dapat mengurangi rasa sakit tatkala nyeri melanda saat haid.‎ Enzim Papain yang terkandung di dalamnya dapat membantu meringankan kram perut yang terjadi.

Cocok untuk Diet

Menurunkan berat badan tidak akan ber‎hasil tanpa dibantu diet sehat dan rajin olahraga. Pepaya dapat menjadi cemilan sehat bagi orang yang ingin diet. Terkadang tanpa sengaja, di saat diet kita curi-curi untuk makan makanan ringan. Pepaya dapat dijadikan cemilan sehat untuk yoghurt dan salad. Walaupun dikonsumsi dalam jumlah besar‎, pepaya tidak beresiko apa-apa. Kadar gula dan kalori buah pepaya sekitar 8,3 gm gula dan 120 kalori.

Begitulah beberapa manfaat dari buah ini. ‎Pepaya adalah buah yang sangat serbaguna. Anda dapat menggunakannya dalam salad, buah kue, kue berlapis buah, smoothie, jus, keripik pepaya. Pepaya memiliki sejumlah besar manfaat kesehatan. Tentunya setiap orang ingin sehat. Oleh karena itu perbanyaklah konsumsi buah ini dan rasakan manfaatnya dalam tubuh.‎

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement