Sabtu 11 Apr 2015 11:59 WIB

Seluk Beluk Cara Membuat Muffin yang Benar

Muffin
Foto: Bakedstory
Muffin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muffin merupakan kue atau camilan yang biasanya digemari oleh anak-anak karena rasanya yang manis dan mengenyangkan. Namun, membuat camilan ini tergolong sulit.

 

Kami meminta Kevin Curry, seorang Executive Chef Pastry Hotel Kempinski Jakarta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin memusingkan Anda seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

 

T: Apa teknik yang terbaik yang dipakai saat membuat muffin (memakai mikser, pengocok kawat atau sebuah garpu)?

A: Untuk hasil terbaik gunakan mikser. Dan untuk menyempurnakan hasil akhir, selalu kocok telur beberapa menit sebelum dimasukkan ke dalam adonan, karena hal ini dapat melembutkan tekstur muffin. Penggunaan alat pengocok kawat dan garpu tidak menambah baik hasil akhir fdan hanya akan melelahkan tangan Anda, sehingga alat pengocok kawat dan garpu akan jatuh dengan sendirinya.

 

T: Bagaimana mendapatkan hasil muffin yang memiliki permukaan yang merekah (memiliki retak-retakan cantik)?

A: Taburi permukaan muffin dengan bahan taburan seperti crumble (gumpalan yang terbuat dari campuran mentega, gula halus, dan terigu).

 

T: Suhu yang tepat untuk memanggang muffin?

A: Gunakan suhu 200-2100 C saat memanggang muffin (panaskan selalu oven hingga suhu tersebut, baru masukkan muffin).

 

Q: Adakah tip agar potongan buah-buahan yang ada dalam adonan mufin dapat menyebar rata saat muffin matang ?

A: Bekukan adonan muffin beberapa hari sebelum saat memanggang akan membantu potongan buah-buahan menyebar rata. Pastikan selalu memasukkan potongan buah-buahan di akhir proses pengadukkan.

 

Q: Bagaimana menjaga muffin agat tetap lembap?

A: Kuncinya dengan menggunakan bahan berkualitas baik dan sesuaikan resep Anda. Sebagai contoh, ukuran telur pada masing-masing negara berbeda. Kandungan air dalam telur memberikan muffin lebih lembab. Jika dalam resep dicantumkan 2 btr telur ukuran besar, tapi Anda gunakan 2 butir telur ukuran sedang, hal ini akan mempengaruhi hasil muffin Anda. Untuk mufin cokelat, saya biasanya menggunakan dark brown sugar dan minyak; saya tidak gunakan mentega. Brown sugar dan minyak akan membantu muffin lebih lembab. Untuk muffin dengan isian buah-buahan, saya gunakan minyak dan buah-buahan dalam keadaan beku atau saya bekukan buah-buahan segar semalaman. Buah-buahan yang sebelumnya dibekukan akan mengandung ekstra kandungan air. Hal ini akan membantu menambah lembab muffin.   

 

Q: Jika kita membuat adonan muffin dalam porsi banyak untuk beberapa hari, apa tempat terbaik untuk menyimpan adonan?

A: Freezer. Sebenarnya Anda bisa memanggang adonan muffin sesuai yang Anda perlukan dan simpan sisa adonanya dalam freezer sampai Anda ingin memanggangnya lagi. Kebanyakan muffin pada umumnya dibuat dengan cara yang sama.

 

Q: Sebaiknya kita memanggang muffin dalam oven atau microwave?

A: Selalu panggang muffin dalam oven gas atau electris oven. Oven yang memiliki rotasi dapat memutar akan lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement