Selasa 07 Apr 2015 05:30 WIB

Ini Cara Mengatasi Kisruh Berbusana dengan Anak

Ibu dan anak (ilustrasi)
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Ibu dan anak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Perkataan favorit anak Anda yang berusia 2 tahun adalah ”Aku saja!” Ia selalu bersikeras untuk memilih dan memakai pakaiannya sendiri. Masalahnya, batita tidak punya konsep waktu seperti Anda. Bagaimana Anda bisa tepat waktu kalau dia selalu memaksa untuk berpakaian sendiri?

Walaupun hal ini mungkin sedikit menjengkelkan, ”Melakukan berbagai hal sendiri adalah pertanda yang sehat dan bagus,” ujar psikolog pendidikan Susan B Glaser, penulis Who’s the Boss: Moving Families from Conflict to Collaboration, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Putra Anda menyadari bahwa dia tidak harus bergantung apapun kepada Anda. Tambahkan setengah jam ekstra saat melakukan rutinitas pagi hari agar si kecil bisa melatih kemampuannya tanpa membuat Anda terlambat. Berikan dia dua pilihan tugas: ”Yuk, kita pilih mana yang bisa kamu kerjakan sendiri hari ini. Kamu mau pakai celana atau kaus kaki sendiri?” Buatlah kesepakatan atas keberhasilannya melakukan hal tersebut.

Pendiri Mommysavers.com, Kimberly Danger, punya tips untuk menghindari kegilaan memilih pakaian yang sempurna setiap pagi. Di awal minggu, bersama anak-anaknya memilih tujuh pakaian dan meletakkan setiap pasang baju di rak gantung. Dengan begitu, mereka bisa meluangkan waktu di pagi hari sekaligus menghindari potensi debat seputar baju yang akan dikenakan hari itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement