Jumat 03 Apr 2015 18:52 WIB

Omas Pernah Diomelin Mpok Nori, Begini Ceritanya

Suasana berkabung keluarga dan kerabat Komedian Betawi, Nuri Sarinuri (Mpok Nori) dikediamannya di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (3/4).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Suasana berkabung keluarga dan kerabat Komedian Betawi, Nuri Sarinuri (Mpok Nori) dikediamannya di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (3/4). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wafatnya Nuri Sarinuri alias Mpok Nori pada Jumat (3/4) pagi meninggalkan kenangan di mata sejumlah seniman Betawi. Omas Wati, salah satu pelawak populer mengungkapkan kesan terhadap Mpok Nori.

"Sedih banget, nggak bisa lihat dia teriak-teriak nimpalin Bolot," kata pegiat lenong dan topeng Betawi Omas Wati, saat melayat Mpok Nori di rumahnya di Bambu Apus.

Omas terkenang, tahun 1980an, ia mengudara di sebuah stasiun radio dan tidak sengaja mengucap sesuatu yang kurang pantas. Almarhumah pun sempat 'ngomel' gara-gara kelakuan Omas. "Ngomong apa sih lu tadi?" kata Omas meniru teguran Mpok Nori kala itu.

Mak Nori selalu berpesan untuk menjaga etika ketika melawak. Tahun 80an mereka para seniman Betawi lebih sering mengudara di radio karena belum banyak stasiun televisi."Jaga omongan. Suatu saat masuk televisi, jadi sudah biasa," kata Omas.

Menurut Omas, sosok yang ia anggap ibunya sendiri itu adalah perempuan dengan semangat juang yang tinggi. Omas mengenal perempuan kelahiran 1931 itu melalui orang tuanya. Ayah Omas, H. Naih Jiun adalah pemilik sebuah grup kesenian Betawi, tempat Mpok Nori bergabung.

 

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement