Senin 30 Mar 2015 08:40 WIB

Mengapa Aktivitas Fisik Sehatkan Anak-Anak?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sejumlah anak bermain di taman yang berada di Kampung Deret, Petogogan, Jakarta Selatan, Kamis (19/3).  (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Sejumlah anak bermain di taman yang berada di Kampung Deret, Petogogan, Jakarta Selatan, Kamis (19/3). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Aktivitas fisik adalah semua gerakan lengan dan kaki yang membantu membakar energi pada tubuh anak-anak. Ada banyak jenis aktivitas fisik yang bisa dilakukan anak, seperti berjalan, berlari, berenang, dan bersepeda.

Selain itu, ada juga kegiatan olah raga, bermain dengan teman-teman, dan bertanding.

Dilansir dari Healthy Kids, Senin (30/3), aktivitas fisik membantu anak menjadi bugar dan sehat dalam segala macam cara.

Manfaatnya seperti mempertahankan berat badan sehat, memiliki tulang dan otot kuat, meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas, meningkatkan postur tubuh, menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, dapat mencegah penyakit, membuat anak bersantai, meningkatkan kepercayaan diri, dan mengembangkan keterampilan sosial anak dengan teman-temannya.

Anak-anak berusia 5-12 tahun membutuhkan setidaknya 60 menit sehari untuk melakukan aktivitas moderat dan kuat. Oleh sebabnya anak harus aktif bergerak beberapa jam setiap harinya.

Aktivitas fisik moderat itu antara lain jalan cepat, bersepeda, bermain skateboard, dan menari. Jika ingin aktivitas yang lebih kuat, maka bisa berlari, bermain basket, atau sepak bola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement