Ahad 29 Mar 2015 03:40 WIB

Anak Harus Kenal Perilaku Menjaga Diri

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Indah Wulandari
Siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) mengunjungi museum (ilustrasi).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) mengunjungi museum (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tiga anak perempuan ditemukan tewas pada  Jumat (27/3) di dalam mobil rongsokan yang diparkir di lapangan Pergudangan, Muara Karang, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Ketiga anak tersebut yakni Hana (4 tahun), Rani (5 tahun), dan Naipah (5 tahun). Mereka diperkirakan meninggal karena kekurangan oksigen di mobil rongsokan tersebut.

Ketua umum PP Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Netty Herawati mengatakan, anak usia dini ini belum mengenal perilaku kemanan menjaga diri sendiri kecuali diperkenalkan dan dibangun oleh orangtuanya, gurunya dan orang dewasa di sekitar anak.

"Tapi, pada umumnya hal ini jarang dilakukan orangtua. Padahal mengenalkan perilaku keamanan menjaga diri sendiri penting dilakukan," katanya, Sabtu, (28/3).

Jika di PAUD, ujar dia, biasanya guru-guru PAUD mengajarkan perilaku kemanan menjaga diri sendiri kepada anak-anak. Meskipun demikian, standar operasional prosedurnya, anak tetap harus didampingi  saat bermain, belajar maupun istrahat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement