Sabtu 28 Mar 2015 07:07 WIB

ASTINDO: Indonesia Miliki 20 Negara Bebas Visa

Rep: C22/ Red: Winda Destiana Putri
Visa
Foto: ABCNews
Visa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dibandingkan dengan negara lain, Indonesia masih kalah jumlah dalam pengajuan bebas visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI), yang akan pergi ke luar negeri. Hal itu dikarenakan kurang eratnya jalinan hubungan bilateral.

Ketua Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (ASTINDO), Elly Hutabarat mengatakan saat ini Indonesia gencar melakukan pendekatan dalam pengajuan bebas visa ke luar negeri. Pengajuan itu dilakukan pemerintah ke beberapa negara di dunia.

Menurut Elly, Indonesia memiliki bebas visa di 20 negara, yang sudah berjalan. Namun jumlah tersebut dirasanya masih kurang, karena tidak ada perjanjian atau resiprokal.

"Indonesia ini masih kalah dibanding negara-negara lainnya dalam pengajuan bebas visa ke luar," jelas Ketua ASTINDO di Jakarta, Jumat (27/3).

Elly menambahkan resiprokal merupakan hubungan timbal balik dalam suatu perjanjian. Hubungan ini biasanya berlaku dalam kewajiban atau tanggung jawab seseorang untuk membalas pemberian orang lain.

Namun, Elly menjelaskan konteks yang dia maksud, yakni hubungan timbal balik antara Indonesia dengan negara lain yang mebuat perjanjian. "Resiprokal sangat penting dilakukan setiap negara, untuk melakukan kerja sama dalam hal apa pun," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement