Rabu 25 Mar 2015 14:14 WIB

Ini Mengapa Gizi Baik Penting dari Awal Kehamilan

Rep: MG ROL 33/ Red: Indira Rezkisari
Ibu hamil
Foto: zeenews
Ibu hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Ibu hamil sangat membutuhkan asupan gizi yang baik. Sebab, pemenuhan gizi di awal kehidupan merupakan modal untuk membangun hidup yang sehat, cerdas, dan produktif.

Mengapa gizi yang baik sangat penting? Profesor Hardinsyah, guru besar tetap ilmu gizi Fakultas Ekologi Manusia, IPB, mengatakan gizi yang baik sangat diperlukan untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Dalam jangka pendek, gizi yang baik akan mempengaruhi tumbuh kembang otak yang baik. "Kenormalan, ukuran, komposisi, dan kerja organ. Serta kenormalan biokimia dalam tubuh. seperti gula, lemak, protein, hormon, reseptor, gen, dan lain-lain," kata Herdinsyah.

Untuk jangka panjangnya, kebutuhan gizi yang baik sangat mempengaruhi kemampuan belajar dan berpikir yang baik. Termasuk mempengaruhi apasitas organ, imunitas, dan stamina yang baik, dan mampu menurunkan risiko gemuk, diabetes, hipertensi, dan hiperkoleterol.    

Gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak ada dua macam. "Gizi Makro dan gizi mikro. Gizi makro terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, dan air. Sedangkan gizi mikro yaitu vitamin dan mineral," jelas Herdinsyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement