Senin 23 Mar 2015 06:17 WIB

Lima Langkah Cegah Anak Terserang Virus

Anak menjaga kebersihan dengan mencuci tangan.
Foto: Republika/Musiron
Anak menjaga kebersihan dengan mencuci tangan.

REPUBLIKA.CO.ID, Berita tentang Ebola ada di mana-mana. Dan sampai sekarang belum ada obat atau vaksin yang bisa menangkal virus tersebut. Ebola diperkirakan akan menyebar ke seluruh dunia. Untuk mencegahnya WHO dan organisasi kesehatan dunia sedang berupaya supaya virus itu tidak menyebar luas.

Ebola adalah salah satu contoh virus yang mematikan. Berkaca dari wabah Ebola yang terjadi di Afrika Barat, itu menandakan bahwa kehidupan manusia tidak pernah jauh dari virus. Paparan virus pasti membuat khawatir orang tua.

Ya, anak memang sangat rentang terhadap virus. Sekolah mungkin menjadi tempat penyebaran virus terbesar. Di sekolah kemungkinan berkeliaran virus penyebab radang tenggorokan, mata merah, rotavirus, flu, dan lain-lain.

Supaya anak Anda terhindar dari virus tips sederhana ini akan membantu mencegah virus apapun. Baik itu virus mematikan atau tidak. Berikut ini tipsnya, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

- Cuci tangan sesering mungkin. Setidaknya anak perlu mencuci tangan selama 20 detik. Cuci tangan perlu dilakukan terutama sebelum makan atau setelah dari kamar kecil. Buatlah kegiatan cuci tangan menyenangkan dengan bernyanyi.

- Jangan berbagi makanan atau minuman dari tempat yang sama.

- Cobalah untuk tidak menyentuh mata atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

- Jangan meletakkan segala sesuatu ke dalam mulut Anda, seperti pensil atau pena.

- Batuk atau bersin disarankan mengarah bahu. Ini perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus kepada orang lain.

Ingatkan anak Anda melakukan tips di atas secara teratur. Menciptakan kebiasaan tersebut akan menjaga mereka tetap sehat meskipun saat berada di sekitar orang yang sakit.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement