Kamis 19 Mar 2015 06:22 WIB

Trik Mudah Menjalin Ikatan dengan Bayi Prematur

Bayi prematur/ilustrasi
Foto: senseandsustainability.net
Bayi prematur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun Anda tidak bisa memeluk si kecil segera setelah dilahirkan, tapi Anda bisa menunjukkan kepada bayi, bahwa Anda mencintainya.

Jangan takut menyentuh. Bayi Anda terlihat begitu kecil, sehingga Anda mungkin ragu meskipun hanya menyentuhnya.

Tak perlu takut, yang dibutuhkan bayi saat baru lahir adalah sentuhan dari orang tuanya. Perawat dapat menunjukkan cara yang tepat memegang bayi prematur. Jika bayi Anda berada dalam inkubator dan Anda tidak tahan untuk menyentuhnya, tanyakan apakah Anda hanya dapat menaruh tangan Anda selama beberapa menit untuk memberinya sentuhan kulit.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, berikut trik mudah menjalin ikatan dengan bayi prematur:

Beri makan bayi

Meskipun bayi Anda belum siap menyusu, cobalah untuk berada di sampingnya pada waktu makan sehingga Anda bisa memberinya ASI perah atau susu formula. Jika Anda ada di sampingnya, hal itu akan memberinya rasa aman dan dia akan mengetahui bahwa ayah dan ibunya sedang mengurus semua kebutuhannya.

Cobalah kangaroo care

Ini adalah momen menjalin ikatan khusus dengan si kecil ketika mereka Anda tempatkan pada dada dalam keadaan telanjang, hanya mengenakan popok, sehingga Anda memiliki kontak kulit dengannya. Selimut akan diletakan di atas Anda untuk menjaga Anda berdua tetap hangat.

Membaca dan menyanyikan

Cukup mendengar suara Anda, si kecil akan merasa tenang. Jadi pastikan untuk membacakan buku, berbicara, dan bernyanyi untuk bayi prematur Anda setiap hari.

Ikuti isyarat bayi

Perlu diingat bahwa semua bayi prematur memiliki tingkat toleransi yang berbeda. Beberapa bayi mungkin akan rewel pada saat makan. Tapi jangan berkecil hati. Tetap tenang dan amati apa yang dia suka dan tidak suka. Setelah beberapa hari, Anda akan tahu persis apa yang harus dilakukan untuk membuat bayi bahagia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement