Senin 16 Mar 2015 18:35 WIB

Sambut Sail Tomini, Gorontalo Utara Siapkan Festival Saronde

Sail Tomini 2015
Foto: Setkab
Sail Tomini 2015

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Sebanyak 40 kapal pesiar dipastikan akan berlabuh di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Bagian Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gorontalo Utara, Yasin Ali, Senin, mengatakan, masuknya kapal-kapal pesiar tersebut bertepatan dengan gelaran ajang Sail Tomini di Provinsi Gorontalo dan Festival Boalemo.

"Gorontalo Utara menjadi salah satu jalur di wilayah utara, yang akan disinggahi kapal-kapal pesiar yang akan mengikuti Sail Tomini," ujar Yasin di Kwandang.

Yasin mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, diantaranya kesipatan teknis di titik labuh, atraksi penyambutan tamu dan posko informasi wisata. Semua itu terus dimatangkan agar saat hari pelaksanaannya nanti, daerah ini dan potensi wisata baharinya benar-benar terpromosi dengan baik.

"Melalui kunjungan para tamu yang ikut berlayar pada kapal-kapal pesiar yang akan singgah di Pulau Saronde, Mohinggito dan Bugisa," kata Yasin.

Selain penyebarluasan informasi terkait akan singgahnya kapal-kapal pesiar yang akan mengikuti ajang Sail Tomini Provinsi Gorontalo tersebut, Yasin mengaku, pihaknya terus berkoordinasi dengan panitia di tingkat provinsi, Kabupaten Boalemo dan pihak "YACHT".

Agar saat singgah di perairan Gorontalo Utara, para wisatawan yang menumpang di kapal-kapal pesiar tersebut benar-benar menikmati pariwisata bahari di kabupaten ini.

Selain itu, dampak ekonomis yang tinggi diharapkan akan bangkit diantaranya di sektor jasa dan kuliner daerah yang digerakkan langsung oleh masyarakat setempat.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pun kata Yasin, akan menggelar Festival Saronde untuk penyambutan puluhan kapal pesiar yang akan mengangkut para wisatawan mancanegara.

Jika sebelumnya Festival Saronde biasa digelar pada bulan Februari, namun menyambut kedatangan kapal-kapal pesiar tersebut, ajang tahunan ini sengaja digeser pada bulan September mendatang atau sekitar tanggal 9 September 2015.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement