Senin 16 Mar 2015 11:44 WIB

Ketika Anak Bertemu Perokok

Asap rokok
Asap rokok

REPUBLIKA.CO.ID, Jika anak Anda bermain di tempat teman yang orang tuanya merokok, sebaiknya jangan dilarang. Lebih baik tetap bermain tapi di luar rumah. Namun ada yang solusi lebih baik. Berikut ini solusinya.

Ketika putra Anda suka sekali bermain di rumah temannya tapi orang tua anak tersebut merokok. Anda mungkin merasa tidak nyaman membiarkannya menghabiskan waktu di sana. Apa cara yang paling tepat untuk mengatakan hal itu kepada mereka?

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, apapun yang Anda katakan, orang tua anak tersebut mungkin akan menjadi sedikit defensif. Namun ada berbagai cara membuat percakapan menjadi tidak terlalu canggung.

Pertama-tama, jangan nasihati mereka. Mereka mungkin sudah tahu bahwa merokok itu tidak sehat, jadi mengkritik mereka akan hanya akan terlihat menggurui—dan obrolan Anda akan segera menjadi debat. Malahan lebih baik Anda berikan penjelasan yang singkat dan tidak menghakimi.

Anda bisa berkata, “Saya senang sekali anak-anak kita bersenang-senang bersama, tapi sayang, putra saya agak sensitif terhadap asap rokok, jadi mungkin lebih baik jika dia tidak menghirupnya. Bolehkah jika anak-anak lebih sering dibiarkan bermain di rumah saya saja?”

Lalu rencanakan acara bermain selanjutnya untuk menunjukkan tidak ada pihak yang tersinggung. Coba sarankan bermain di luar rumah, misalnya, “Kenapa kita tidak bawa saja anak-anak ke taman bermain minggu depan?” Dengan cara itu, Anda tidak harus menjadi tuan rumah setiap kali putra Anda ingin bersama mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement