Ahad 15 Mar 2015 05:36 WIB

Tips Cantik Tanpa Polesan Make-Up

Rep: C13/ Red: Citra Listya Rini
Make up
Foto: republika/prayogi
Make up

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa dari Anda mungkin ingin terlihat cantik alami meski tanpa make-up. Kondisi ini biasanya sering terjadi saat para wanita sedang panik karena kesiangan. Oleh sebab itu, mereka pun tidak sempat untuk memoleskan make-up di wajahnya.

Agar tetap memiliki wajah yang bersinar, berikut ini tips cantik tanpa make-up seperti yang dilansir allwomenstalk, Ahad (15/2).

 

1. Jagalah tangan dan kulit

Jika Anda memiliki luka atau cacat di kulit Anda, Anda harus berusaha untuk tidak menyentuhnya. Jika Anda menyentuhnya, Anda hanya akan membuat luka itu semakin buruk. Penyebabnya, saat menyentuh luka itu, Anda secara langsung telah mengirim ratusan bakteri ke luka atau cacat itu.

2. Gunakan Vitamin C

Vitamin C merupakan zat yang memiliki antioksidan yang kuat. Selain itu, vitamin ini juga dapat melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas.  Krim wajah yang mengandung vitamin C dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik, meningkatkan tingkat kolagen, mengurangi peradangan dan memudar tanda merah.

3. Lakukan eksfoliasi atau scrub

Salah satu cara termudah untuk kulit terlihat segar dan bersinar adalah dengan melakukan eksfoliasi atau scrub. Tindakan ini diyakini bisa melepas kulit mati, kotoran, dan pori-pori tersumbat.

4. Gunakan SPF

Tabir surya atau krim SPF merupakan suatu keharusan. Sinar UV yang berbahaya dapat mendatangkan malapetaka pada kulit Anda. Masalahna, Anda mungkin tidak menyadarinya seketika saat itu.

5. Gunakan Toner

Menggunakan tiner diyakini dapat menyeimbangkan kadar pH kulit. Selain itu, toner juga dapat membuat warna wajah terlihat merata.

6. Hindari Rokok

Ada ratusan alasan yang melarang manusia untuk tidak merokok. Penyebabnya, karena zat pada rokok mampu membuat kulit Anda kering dan mengalami penuaan dini.

Merokok juga dapat menyempitkan pembuluh darah di lapisan luar kulit, mengurangi aliran darah dan oksigen. Tidak hanya itu, merokok juga bisa merusak kolagen dan elastisitas kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement