Selasa 10 Mar 2015 18:34 WIB

Cap Gomeh, Ajang Pencarian Jodoh Rakyat Cina

Rep: MGROL32/ Red: Winda Destiana Putri
Perayaan Cap Gomeh
Foto: Antara
Perayaan Cap Gomeh

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina merupakan negara yang berada di kawasan Asia Timur. Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, luas wilayahnya bahkan sampai pada urutan ke-4 terbesar di dunia.

Namun, tahukah Anda Cina terkenal kaya akan festival dan perayaan. Hal ini disebabkan karena kehidupan sehari-hari rakyat Cina yang bersatu dengan warisan dan budaya Cina, sehingga nilai tradisi dan kebudayaan negara ini masih sangat dilestarikan.

Dilansir dari Allwomenstalk, berikut festival yang dirayakan oleh warga Cina.

Spring Festival

Festival musim semi, atau yang lebih dikenal dengan Tahun Baru Cina dianggap merupakan momentum sangat penting bagi rakyat Cina. Perayaan ini merupakan ajang yang paling ditunggu, karena seluruh keluarga akan berkumpul untuk merayakannya. Tahun Baru Cina atau yang lebih familiar dengan sebutan Imlek inipun memiliki tradisi unik yakni membagikan uang. Setiap keluarga memberikan amplop merah berisi uang untuk dibagikan kepada anak-anak dan anggota keluarga yang belum menikah.

Cap Gomeh

Festival yang satu ini hadir di hari ke-15 setelah perayaan Imlek. Biasa disebut Cap Gomeh, pada perayaan ini warga menggantungkan lentera di pelbagai tempat yang melambangkan keberuntungan serta harapan. Dalam festival ini memberikan sebuah permainan teka-teki, bagi mereka yang dapat menjawab teka-teki tersebut, maka mereka akan mendapatkan hadiah. Festival ini pun dijadikan sebagai ajang perjodohan.

Tomb Sweeping Day

Festival ini diperuntukkan bagi orang-orang terkasih yang sudah meninggal. Dalam perayaan ini, anggota keluarga wajib mengunjungi makam nenek moyang mereka untuk menyapu, memberikan makanan dan minuman di makam mereka. Festival ini dirayakan setiap awal bulan April, karena merupakan hari libur nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement