Selasa 10 Mar 2015 13:16 WIB

Cara Terbaik Bermain Bersama Bayi

Ibu dan bayinya
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ibu dan bayinya

REPUBLIKA.CO.ID, Bermain bersama bayi adalah urusan yang serius. Ini menyangkut bagaimana persiapan si kecil menghadapi semua tahapan tumbuh kembangnya. Berguling, duduk, merangkak, dan lainnya bisa dikembangkan dengan cara bermain.

Inilah beberapa cara untuk membantu bayi Anda membuat sebagian besar waktu bermainnya menjadi lebih berharga, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Letakkan di bawah

Pastikan bayi Anda nyaman tengkurap setiap hari ketika terjaga, meskipun ia mengeluh. Bayi perlu sering tengkurap untuk berlatih menahan kepalanya tetap tegak, bertumpu dengan sikunya, dan menyeimbangkan tubuh dengan satu siku saat ia meraih mainan.

Bermain dengan mainan sembari menopang berat tubuhnya dengan tangan membutuhkan otot dan keterampilan yang berbeda daripada bermain dengan mainan ketika dia sedang terlentang.

Berbaring

Mulai membaringkan bayi sekitar usia 3 bulan. Letakkan bayi terlentang, dengan lembut pegang pergelangan kakinya, tekuk lututnya, dan kemudian regangkan kakinya ke arah Anda untuk meningkatkan fleksibilitas dan membantu dia mendapatkan persepsi ruang tempat kakinya berada.

Anda dapat membuatnya lebih menyenangkan sambil bernyanyi dan mencium kakinya. Saat sudah semakn kuat, dia akan mulai mendorong kakinya sendiri.

Bermain bola

Pada usia 6 bulan, bayi Anda harus mampu duduk di atas bola karet. Tentunya Anda harus memegangnya dengan aman di bagian pinggul. Miringkan bola secara perlahan sehingga dia memiliki waktu untuk menyadari apa yang sedang terjadi dan menggeser berat badannya.

Hal ini akan memerkuat otot badan dan membantunya meningkatkan keseimbangan. Saat ia semakin kuat, Anda dapat memindahkan bola sedikit lebih cepat dan kemiringannya lebih jauh. Buat menyenangkan dengan memantulkannya dan bernyanyi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement