Senin 09 Mar 2015 06:09 WIB

Mengajarkan Si Kecil Berteman

Anak dan temannya.
Foto: pixabay
Anak dan temannya.

REPUBLIKA.CO.ID, Berteman merupakan salah satu tantangan bagi anak yang baru menginjak taman kanak-kanak. Sebagai orang tua Anda harus mendorong si kecil untuk berteman dengan orang-orang baru. Inilah tips sederhana supaya anak bisa mendapatkan teman baru.

Ketika misalnya anak kesal dia tidak akan satu TK dengan sahabatnya dari preschool. Orang tua terkadang tak tahu cara menenangkan anak dan meyakinkannya kalau ia akan segera mendapatkan teman baru.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, orang tua bisa menjanjikan bahwa dia akan masih bisa menemui sahabatnya dan biarkan dia mengetahui bahwa persahabatannya menunjukkan bahwa dia memiliki sesuatu untuk menjalin persahabatan yang baru. Tunjukkan bahwa ada kesempatan bagus di kelas barunya, atau semua anak akan menjadi murid baru di TK dan ingin sekali bertemu anak lain.

Lalu latihlah kemampuan sosialnya sebelum hari pertama. Kenneth Rubin, PhD, penulis The Friendship Factor, menyarankan pendekatan ini. Pertama, observasilah apa yang dilakukan anak lain. Selanjutnya, dekati perlahan-lahan kelompok di mana dia ingin bergabung.

Terakhir, mintalah baik-baik apakah dia bisa ikut bermain dengan mereka. Mengatur acara bermain dengan seorang teman dari calon teman sekelasnya akan membantu menenangkannya bahwa dia akan cocok di sekolah barunya–dan bahkan membantunya menemukan sahabat baru. Anda juga perlu menjelaskan bahwa teman baru sama menyenangkannya dengan teman lama.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement